kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkat Utang Global Naik Tajam di 2021, Ini Peringatan dari Presiden Bank Dunia


Minggu, 13 November 2022 / 05:40 WIB
Tingkat Utang Global Naik Tajam di 2021, Ini Peringatan dari Presiden Bank Dunia


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Preisden Bank Dunia David Malpass mengungkapkan, negara-negara miskin perlu mengurangi tingkat utangnya. Pasalnya, tingkat utang di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah meningkat tajam pada tahun 2021. Dimana China merupakan kreditur bilateral resmi.

Mengutip Reuters, Minggu (13/11), Malpass mengungkapkan, laporan tahunan Bank Dunia tentang statistik utang global yang akan dirilis bulan depan memperjelas bahwa kreditur sektor swasta juga perlu berpartisipasi dalam pengurangan utang.

Kelompok negara-negara yang beranggotakan 20 negara dengan ekonomi utama dan kreditur resmi Klub Paris menciptakan kerangka kerja bersama untuk perawatan utang pada akhir 2020 untuk membantu negara-negara mengatasi dampak pandemi Covid-19, tetapi implementasinya terhenti.

Baca Juga: Jumlah Kasus Naik, Badan Tinggi China Tegaskan Kembali Kebijakan Dinamis Nol Covid-19

Malpass memperingatkan, para kreditur Chad mencapai kesepakatan pertama yang dinegosiasikan di bawah kerangka kerja minggu ini, tetapi hal itu membuat kesinambungan utang jangka panjang negara itu dipertanyakan karena tidak termasuk pengurangan utang yang sebenarnya.

Bank Dunia, Dana Moneter Internasional (IMF), dan pejabat Barat menjadi semakin lantang menyuarakan rasa frustrasi mereka terhadap China, yang sekarang menjadi kreditur bilateral resmi terbesar di dunia, dan pemberi pinjaman sektor swasta karena tidak bergerak maju lebih cepat.

Data awal yang dikeluarkan oleh Bank Dunia pada bulan Juni menunjukkan stok utang luar negeri negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah naik, rata-rata, 6,9% pada tahun 2021 menjadi $9,3 triliun, melampaui pertumbuhan 5,3% yang terlihat pada tahun 2020.

Malpass mengatakan laporan Statistik Utang Internasional bank yang akan datang meresahkan. Tetapi ia tidak memberikan angka spesifik.

"Ini menunjukkan bahwa jumlah utang tumbuh secara substansial ... dan jumlah utang ke China sekitar 66% dari total kreditur bilateral resmi," katanya.

Ia menambahkan bahwa entitas China juga merupakan kreditur komersial besar.

"Laporan tersebut memperjelas bahwa pengurangan utang perlu diperluas secara luas untuk memasukkan sektor swasta dan China," kata Malpass, menambahkan bahwa masalah utang secara keseluruhan akan menjadi topik besar pada pertemuan para pemimpin G20 mendatang.

"Akan ada pengakuan atas beratnya masalah," kata Malpass, meskipun dia mengatakan ada "sedikit serapan" dari dorongannya untuk segera membekukan pembayaran utang ketika negara-negara mencari bantuan di bawah kerangka kerja bersama G20 dan reformasi lain yang ditujukan. mempercepat upaya restrukturisasi utang.

Baca Juga: Sri Mulyani Ungkap Dana Cadangan Pandemi Terkumpul US$ 1,4 Miliar dari 15 Negara

Pejabat IMF dan Bank Dunia mengatakan 25% dari pasar negara berkembang dan ekonomi berkembang berada dalam atau mendekati kesulitan utang, dan jumlahnya meningkat menjadi 60% untuk negara berpenghasilan rendah dan menengah. Guncangan iklim, kenaikan suku bunga, dan inflasi telah meningkatkan tekanan pada ekonomi yang masih pulih dari COVID.

Malpass mengatakan China telah menjadi pemain yang enggan dalam proses yang berjalan lambat hingga saat ini. "Mereka kebanyakan pengamat," katanya.

Malpass juga menyerukan pekerjaan yang lebih cepat pada restrukturisasi utang untuk Zambia, yang pertama kali meminta bantuan di bawah kerangka umum pada awal 2021.

"Ada urgensi untuk menyelesaikannya agar pengurangan utang bisa terjadi dan Zambia bisa mulai menarik investasi baru yang dibutuhkan," katanya.

Untuk Chad dan Zambia, sangat penting untuk mempercepat proses dan memberlakukan pengurangan utang yang nyata, katanya. 

"Semakin lama prosesnya berlangsung, semakin sulit bagi negara dan orang-orang di negara itu untuk bangkit kembali."




TERBARU

[X]
×