kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkatkan kerja sama perdagangan, Indonesia-Argentina sepakat bentuk tim pengkaji


Selasa, 14 Mei 2019 / 14:22 WIB
Tingkatkan kerja sama perdagangan, Indonesia-Argentina sepakat bentuk tim pengkaji


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - BUENOS AIRES. Di tengah ketidakpastian perdagangan dunia saat ini, Indonesia memberi perhatian khusus pada peningkatan kerja sama perdagangan dan investasi dengan negara-negara pasar nontradisional Indonesia, dan salah satunya adalah Argentina dan MERCOSUR. 

“Ekonomi Indonesia dan Argentina bersifat komplementer namun sejauh ini kurang banyak digali seperti dengan negara-negara di kawasan Asia dan Eropa. Untuk itulah diadakan pembicaraan pada tingkat menteri, sekaligus menindaklanjuti kunjungan Wakil Presiden Argentina baru-baru ini ke Jakarta,” jelas Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dalam siaran persnya, Selasa (14/5).

Dalam pertemuan yang berlangsung, kedua Menteri sepakat untuk membentuk tim kecil guna mengkaji dalam waktu secepatnya apa yang dapat dipertukarkan antara Indonesia dan Argentina. 

Tim kecil ini akan mengidentifikasi hal-hal yang menjadi tantangan dalam perdagangan dua arah antara Indonesia dan Argentina, dan secara paralel mengkaji kelayakan bagi digulirkannya perundingan preferensi antara Indonesia dan MERCOSUR, di mana Argentina merupakan salah satu pendirinya.

Mendag menyampaikan bahwa Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dengan negara-negara Amerika Selatan. Hal ini mengingat kebutuhan yang semakin mendesak untuk mendiversifikasi pasar ekspor di tengah prediksi bahwa, baik perekonomian dunia maupun perdagangan internasional akan terus mengalami pelemahan tahun ini.

“Kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Argentina akan memiliki nilai geostrategis yang penting. Indonesia dapat memanfaatkan Argentina sebagai regional hub memasuki pasar sekitar lainnya di kawasan Amerika Latin. Demikian pula Argentina dapat memanfaatkan Indonesia untuk memasuki pasar ASEAN, pasar mitra FTA ASEAN, maupun pasar RCEP yang saat ini masih dirundingkan,” imbuh Enggar.




TERBARU

[X]
×