Tingkatkan Produksi Chip, Entegris Akan Membeli Pesaingnya CMC Senilai US$ 6,5 Miliar

Kamis, 16 Desember 2021 | 09:41 WIB   Reporter: Adrianus Octaviano
Tingkatkan Produksi Chip, Entegris Akan Membeli Pesaingnya CMC Senilai US$ 6,5 Miliar

ILUSTRASI. ilustrasi merger akuisisi ambil alih


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Entegris Inc, pemasok bahan semikonduktor, berencana membeli CMC Materials, pesaing yang lebih kecil dalam kesepakatan senilai US$ 6,5 miliar. Langkah tersebut dilakukan untuk membangun skala produksi yang lebih besar di tengah kekurangan chip global.

Entegris mengatakan tidak percaya kesepakatan itu akan menimbulkan kekhawatiran antimonopoli selama tinjauan peraturan di beberapa negara, termasuk China. Mereka berharap untuk menutup kesepakatan pada paruh kedua tahun 2022.

Seperti diketahui, bisnis terkait semikonduktor memang telah berkonsolidasi, dengan beberapa perusahaan ingin meningkatkan investasi dalam R&D dan manufaktur untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat.

Mengutip Reuters Kamis (16/12), pemegang saham CMC akan menerima US$ 133,00 tunai dan 0,4506 lembar saham biasa Entegris untuk setiap saham yang mereka miliki. 

Baca Juga: Fokus ke Bisnis Chip, Samsung Gabungkan Divisi Ponsel dan Elektronik Konsumen

Berdasarkan perhitungan Reuters, bagian tunai dan saham dari penawaran bernilai US$ 197,36 per saham.

"Kesepakatan ini akan menambah portofolio Entegris, membuat mereka lebih menjadi toko serba ada di ruang bahan semikonduktor," ujar analis di Citigroup. 

Sekadar informasi, Entegris, yang berbasis di Billerica, Massachusetts, merupakan pemasok material ke pembuat chip besar termasuk Taiwan Semiconductor Manufacturing dan Samsung. Stoknya hampir tiga kali lipat sejak awal 2020 dan perusahaan telah mencari peluang merger dan akuisisi.

Kesepakatan ini akan dibiayai dengan kombinasi saham yang dikeluarkan untuk CMC Materials, utang baru dan uang tunai. Entegris juga telah memperoleh pembiayaan utang berkomitmen penuh dari Morgan Stanley Senior Funding Inc. 

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru