kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Toyota gandeng Mazda bakal bangun pabrik di AS


Jumat, 04 Agustus 2017 / 10:43 WIB

Toyota gandeng Mazda bakal bangun pabrik di AS

WASHINGTON. Toyota Motor Corporation dan Mazda Motor Corp berencana membangun pabrik perakitan di Amerika Serikat (AS) senilai US$ 1,6 miliar. Ini sebagai bagian dari usaha patungan (joint venture) antara kedua perusahaan otomotif ini.

Pabrik tersebut akan memproduksi 300.000 kendaraan per tahun, dengan porsi produksi dibagi antara dua produsen mobil tersebut. Saat dioperasikan di 2021 nanti, tenaga kerja yang diserap bakal sekitar 4.000 orang.


Presiden AS Donald Trump sejak awal kampanye menjadi calon presiden AS memang mengobarkan semangat untuk meningkatkan industri manufaktur dan agar mencetak lapangan kerja bagi warga AS.

Sumber Reuters mengatakan, pabrik yang masih belum ditentukan lokasi tepatnya di AS itu akan memproduksi Toyota Corolla dan Mazda.

Sebelumnya surat kabar Nikkei menyebut, Toyota akan membeli sekitar 5% saham di Mazda Motor Corp untuk mengembangkan teknologi kendaraan listrik dan membangun pabrik di AS. Sumber Reuters menyebut, Toyota memang memiliki rencana kerja sama untuk memproduksi mobil listrik ke depannya.

"Kami bermaksud mengajukan proposal ke dewan direksi mengenai kemitraan dengan Mazda, namun kami belum bisa memberikan komentar lebih lanjut saat ini," kata manajemen Toyota dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh operasi A.S.


Reporter: Agung Hidayat
Editor: Rizki Caturini

Video Pilihan


×