CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,80   -0,91   -0.09%
  • EMAS995.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Toyota GR 86 resmi mengaspal, jadi kembaran Subaru BRZ


Senin, 05 April 2021 / 22:05 WIB
Toyota GR 86 resmi mengaspal, jadi kembaran Subaru BRZ


Sumber: Motor1 | Editor: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Toyota telah meluncurkan Toyota GR 86, mobil sport baru setelah peluncuran lima bulan milik Subaru. Toyota melakukan hal yang sama dengan menampikan kembaran coupe, Subaru BRZ.

Bahkan, Subaru BRZ telah terjual lebih dari 200.000 buah versi asli. Toyota datang bersama GR 86 untuk menjadi penyempurna mobil milik Subaru, dilansir dari Motor1.

Untuk menjaga bobot terkendali, para insinyur menggunakan aluminium untuk atap dan spatbor sambil melakukan penyesuaian pada jok depan dan knalpot.

Atap yang direvisi membawa manfaat besar lainnya dengan menurunkan pusat gravitasi kendaraan. Artinya, Toyota seharusnya memberi keuntungan pengemudi dalam hal penanganan mobil Toyota saat berkendara.

Baca Juga: Berkenalan dengan Humble One, mobil listrik dengan panel surya pertama di dunia

Toyota GR 86

Kekakuan torsi telah ditingkatkan sekitar 50% untuk meningkatkan stabilitas mobil Toyota GR 86. Panjangnya 4.265 milimeter (mm), lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.310 mm, dengan jarak sumbu roda 2.575 mm.

Penyematan gearbox manual enam kecepatan standar, Toyota 86 2022 memiliki bobot 1.270 kilogram. Secara opsional, transmisi otomatis dengan jumlah gigi yang sama akan tersedia.

Motivasi disediakan oleh mesin bensin 2.4 liter yang lebih besar menggantikan unit 2.0 liter yang lama. Masih disedot secara alami, dengan 4 jalur yang berlawanan secara horizontal menghasilkan 232 horsepower dan torsi 250 Nm pada spesifikasi JDM Toyota GR 86.

Baca Juga: Varian terbaru mobil Toyota Yaris Cross meluncur, punya fitur yang lebih garang

Mobil Toyota GR 86, kembaran dari Subaru BRZ

Mesin yang ditingkatkan telah memungkinkan Toyota untuk mengurangi 1,1 detik dari sprint menjadi 100 km jam, yang sekarang membutuhkan 6,3 detik.

Selain mengekstraksi lebih banyak tenaga, Toyota mengatakan mesin ini memiliki respons yang lebih baik. Toyota mengklaim mesin mobil ini mampu memberikan sensasi mulus dan bebas stres dari rpm rendah hingga tinggi.

Dengan nama Gazzo Racing, mobil Toyota GR 86 bergabung dengan varian Toyota GR Yaris, GR Supra, dan hypercar GR Super Sport.

Toyota GR 86 baru juga menawarkan berbagai peningkatan aerodinamis yang dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas dan respons kemudi. 

Baca Juga: 10 Model mobil Toyota direcall, ada apa?

Dari sisi interior, mobil Toyota GR 86 memiliki kesamaan dengan Subaru BRZ. Pembeda yang paling jelas adalah desain gril depan karena versi Toyota sedikit lebih agresif. 

Dari bentuk ventilasi udara dan jok hingga switchgear dan pedal, 86 dan BRZ pada dasarnya memiliki interior yang sama. Fitur keselamatan mobil Toyota GR 86, pada model transmisi otomatis menggunakan teknologi Toyota GR 86 yakni EyeSight Driver Assist Technology.

Toyota GR 86 generasi kedua akan mulai dijual di Jepang musim gugur ini. Sedangkan untuk versi Amerika Utara akan diungkapkan di kemudian hari.

Sebagai tambahan informasi, mobil Toyoa 86 di Indonesia dengan varian standar dibanderol dengan harga dari Rp 830 juta.

Selanjutnya: Sosok mobil listrik Kia EV6 tampil pertama kali, bakal punya varian bertenaga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×