Trump disebut menghasilkan Rp 22,5 triliun selama 4 tahun jadi presiden AS

Rabu, 24 Februari 2021 | 22:47 WIB Sumber: Kompas.com
Trump disebut menghasilkan Rp 22,5 triliun selama 4 tahun jadi presiden AS

ILUSTRASI. Mantan Presiden AS Donald Trump disebut menghasilkan US$ 1,6 miliar (Rp 22,5 triliun) selama empat tahun menjabat


KONTAN.CO.ID - PALM BEACH. Mantan Presiden AS Donald Trump disebut menghasilkan US$ 1,6 miliar (Rp 22,5 triliun) selama empat tahun menjabat. Kabar itu berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh Citizens for Responsibility and Ethics in Washington (CREW).

Grup itu merilis temuan mereka setelah melakukan pemeriksaan pada laporan keuangan mantan presiden yang diungkap ke publik. Sementara Trump mengaku mendonasikan gajinya selama jadi presiden AS, bisnisnya tetap jalan dan dia memperoleh pendapatan.

CREW mencatat, penghasilan presiden ke-45 AS itu di bidang hospitality turun pada 2020, terutama akibat virus corona. Meski begitu, si mantan presiden masih bisa mengantongi US$ 1,61 miliar dari Trump Organization maupun dari lini bisnis lain.

Laporan itu sempat mencatat bahwa eks presiden berusia 74 tahun tersebut meraup US$ 1,79 miliar atau Rp 25,2 triliun. Namun dilaporkan The Independent, Selasa (23/2), data itu masih samar karena ada aset yang dimasukkan ke daftar, "Lebih dari 5 juta dollar AS".

Baca Juga: Netanyahu: Agar Iran tidak punya senjata nuklir, Israel bakal lakukan segala cara

Penghasilan terbesarnya berasal dari properti yang sering dikunjungi suami Melania itu selama empat tahun berkuasa. Di antaranya adalah Mar-a-Lago, kelab yang dikelola di Palm Beach, Florida, kemudian The Trump International Hotel di Washington DC.

Kemudian padang golf yang berlokasi di Doral(Florida), Bedminster yang terletak di New Jersey, hingga Trump National di Virginia. Jika digabungkan, tempat itu sudah memberikan lebih dari US$ 620 juta (Rp 8,7 triliun) selama empat tahun.

CREW berpendapat, penghasilan lainnya didapat dari pengusaha atau pejabat yang membayar mahal di properti Trump demi disukai sang presiden. Kelompok itu menjelaskan karena pengaruh Trump, maka bisnis pemerintah AS bisa diarahkan sesuai mereka yang mendapatkan perhatian presiden.

Laporan tersebut muncul setelah Mahkamah Agung AS memerintahkan si mantan presiden menyerahkan pengembalian pajaknya ke jaksa New York.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Trump Disebut Hasilkan Rp 22,5 Triliun Selama 4 Tahun Jadi Presiden AS.
Penulis: Ardi Priyatno Utomo

Baca Juga: Bill Gates: Donald Trump harus diizinkan kembali ke media sosial

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru