kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,60   -12,89   -1.40%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trump menyatakan darurat nasional virus corona di AS


Sabtu, 14 Maret 2020 / 05:57 WIB
Trump menyatakan darurat nasional virus corona di AS
ILUSTRASI. Pernyataan Trump akan melepaskan dana federal hingga US$ 50 miliar untuk penanganan virus.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan keadaan darurat nasional atas virus corona pada jumat (13/3). Pernyataan darurat nasional ini akan membuka peluang pengucuran dana federal sebesar US$ 50 miliar. Trump mengatakan bahwa dia pun akan dites virus corona setelah menghadapi kemungkinan paparan virus ini.

Trump mengumumkan keadaan darurat ini di tengah upaya dia menunjukkan kepada warga AS bahwa pemerintah secara agresif menangani krisis kesehatan. Sebelumnya, muncul berbagai kritik bahwa dia lambat bereaksi dan mengecilkan ancaman sampai jumlah kasus meningkat di negeri Paman Sam.

Trump mengingatkan bahwa penduduk AS harus berkorban dan mengubah praktik sehari-hari mereka. Hal ini berbeda dari dua pekan lalu ketika dia mengatakan bahwa masyarakat harus menggunakan akal sehat, tetapi sebaliknya tidak mengubah rutinitas mereka.

"Ini bisa menjadi lebih buruk. Delapan minggu ke depan akan menjadi masa kritis," kata Trump seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Donald Trump akan deklarasikan wabah virus corona sebagai darurat nasional

Presiden muncul di atas panggung di Rose Garden bersama anggota gugus tugas virus corona dan eksekutif bisnisnya setelah bertemu dengan mereka di dalam Gedung Putih. Gugus tugas ini membahas cara mempercepat pengujian penduduk AS terhadap virus untuk melacak penyebaran penularan dengan lebih baik.

Telah berjabat tangan dengan para eksekutif bisnis di pertemuan sebelumnya, Trump yang berusia 73 tahun kemudian mengakui bahwa dia berharap akan diuji untuk virus itu. Dia telah melakukan kontak dengan seorang pejabat Brasil pada Sabtu lalu yang kemudian dinyatakan positif memiliki virus corona.

"Kemungkinan besar, ya, kemungkinan besar. Bukan karena alasan itu tetapi karena saya pikir saya akan tetap melakukannya," kata Trump. "Kami sedang menyusun jadwal."

"Kami sama sekali tidak memiliki gejala," kata Trump ketika ditanya apakah dia harus menjalani tes.

Baca Juga: Pulang dari Inggris, istri Perdana Menteri Kanada positif terjangkit virus corona

Trump mengatakan, Kepala Eksekutif Walmart Inc, Doug McMillon, telah setuju untuk membuat pengujian drive-thru di tempat parkir toko di seluruh negeri. Dia menambahkan bahwa Google akan membuat situs web untuk membantu menentukan apakah individu memerlukan tes virus corona.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×