CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Trump siap intervensi kasus Huawei demi negosiasi dagang


Rabu, 12 Desember 2018 / 13:20 WIB
Trump siap intervensi kasus Huawei demi negosiasi dagang
ILUSTRASI. Presiden AS Donald Trump

Reporter: Sanny Cicilia | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pada Selasa (11/12), dia akan ikut mengintervensi Departemen Hukum terkait kasus Huawei jika langkah tersebut bisa mengamankan relasi dagang dengan Beijing. 

"Jika saya rasa ini baik untuk negara, untuk hubungan dagang terbesar yang pernah kita buat -dan ini sangat penting- dan penting untuk keamanan nasional, saya akan mengintervensi jika memang diperlukan," kata Trump kepada Reuters di Oval Office. 


Trump mengaku optimistis bisa mencapai kesepakatan dagang dengan Presiden China Xi Jinping.

Sebelumnya, CFO Huawei Meng Wanzhou ditahan di Vancouver atas permintaan otoritas AS. Meng, yang juga putri pendiri Huawei Ren Zhengfeng, ditangkap dengan tuduhan melanggar sanksi AS terhadap Iran.

Penangkapan itu, pada 1 Desember lalu, bersamaan dengan pertemuan Trump dan Xi yang berujung pada kesepakatan gencatan perang dagang untuk negosiasi dalam 90 hari. 

Negosiasi dilakukan karena Trump ingin China lebih membuka diri pada produk AS dan menghentikan pencurian hak intelektual. Tapi, dia bilang, belum berbicara dengan Xi terkait penangkapan petinggi Huawei.




TERBARU

Close [X]
×