kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tsai Ingatkan Taiwan Pernah Kalahkan Militer China dan Bertekad Mempertahankannya


Selasa, 23 Agustus 2022 / 10:23 WIB
Tsai Ingatkan Taiwan Pernah Kalahkan Militer China dan Bertekad Mempertahankannya
Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen Ingatkan Taiwan Pernah Kalahkan Militer China dan Bertekad Mempertahankannya


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  TAIPEI. Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan, Taiwan pernah mengalahkan militer China enam dekade lalu ketika China membombardir pulau-pulau lepas pantai mereka. Kemenangan tersebut berkat tekad Taiwan yang kuat dalam mempertahankan negara mereka. 

Hal itu dikatakan Tsai kepada sekelompok akademisi AS yang berkunjung, Selasa (23/8).

Ketegangan antara Taiwan dan China telah meningkat selama sebulan terakhir setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei.

China menggelar latihan perang di dekat Taiwan untuk mengekspresikan kemarahannya atas apa yang dilihatnya sebagai peningkatan dukungan AS untuk pulau yang dipandang Beijing sebagai wilayah berdaulat China.

Bertemu dengan delegasi dari Institut Hoover Universitas Stanford di kantornya, Tsai merujuk bulan serangan China di pulau Kinmen dan Matsu yang dikuasai Taiwan yang terletak di lepas pantai China yang dimulai pada Agustus 1958.

Baca Juga: Jepang Pertimbangkan Kerahkan Rudal Jarak Jauh untuk Melawan China

"Enam puluh empat tahun yang lalu selama pertempuran 23 Agustus, tentara dan warga sipil kami beroperasi dalam solidaritas dan menjaga Taiwan, sehingga kami memiliki Taiwan yang demokratis hari ini," katanya.

Tsai mengatakan, berkat perlawanan tersebut, China gagal untuk mengambil pulau-pulau milik Taiwan.

"Pertempuran untuk melindungi tanah air kami menunjukkan kepada dunia bahwa tidak ada ancaman apa pun yang dapat menggoyahkan tekad rakyat Taiwan untuk membela negara mereka, tidak di masa lalu, tidak sekarang, dan tidak di masa depan," tambah Tsai.

"Kami juga akan menunjukkan kepada dunia bahwa rakyat Taiwan memiliki tekad dan kepercayaan diri untuk menjaga perdamaian, keamanan, kebebasan, dan kemakmuran bagi diri kami sendiri," sambungnya.

Baca Juga: Lampaui AS dan China, Singapura akan Jadi Negara Pencetak Orang Kaya Terbanyak

Pada tahun 1958, Taiwan melawan balik dengan dukungan dari Amerika Serikat, yang mengirim peralatan militer seperti rudal anti-pesawat Sidewinder canggih, memberi Taiwan keunggulan teknologi.

Sering disebut Krisis Selat Taiwan Kedua, itu adalah terakhir kalinya pasukan Taiwan bergabung dalam pertempuran dengan China dalam skala besar.

Amerika Serikat, yang memutuskan hubungan diplomatik formal dengan Taipei demi Beijing pada 1979, tetap menjadi sumber senjata terpenting bagi Taiwan.

“Ketika Taiwan berdiri di garis depan ekspansionisme otoriter, kami terus meningkatkan otonomi pertahanan kami, dan kami juga akan terus bekerja dengan Amerika Serikat di bidang ini,” kata Tsai.

Baca Juga: Taiwan Pamerkan Jet Tempur Tercanggih Pasca Latihan Militer China

Latihan China di dekat Taiwan telah menimbulkan ancaman bagi status quo di selat dan di seluruh kawasan, dan mitra demokratis harus bekerja sama untuk "mempertahankan diri dari campur tangan negara-negara otoriter", tambahnya.

Pemerintah Taiwan mengatakan bahwa karena Republik Rakyat China tidak pernah memerintah pulau itu, ia tidak memiliki hak untuk mengklaimnya atau memutuskan masa depannya, yang hanya dapat ditentukan oleh 23 juta penduduk Taiwan.




TERBARU

[X]
×