kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.200   0,00   0,00%
  • IDX 7.066   -30,70   -0,43%
  • KOMPAS100 1.055   -6,75   -0,64%
  • LQ45 830   -5,26   -0,63%
  • ISSI 215   0,27   0,12%
  • IDX30 424   -2,36   -0,55%
  • IDXHIDIV20 513   -0,30   -0,06%
  • IDX80 120   -0,79   -0,65%
  • IDXV30 124   -1,30   -1,04%
  • IDXQ30 142   -0,32   -0,23%

Twitter akuisisi MoPub senilai US$ 350 juta


Rabu, 11 September 2013 / 10:25 WIB
Twitter akuisisi MoPub senilai US$ 350 juta
ILUSTRASI. Lapis Legit merupakan salah satu kue basah manis yang cocok disantap saat Lebaran Idul fitri (Youtube/Yuniar Loli Kitchen)


Reporter: Dessy Rosalina | Editor: Dessy Rosalina

San Francisco. Sepak terjang perusahaan jejaring sosial semakin menggurita. Coba tengok aksi terbaru Twitter Inc. Media sosial yang membebaskan orang berkicau 140 karakter ini, baru saja mengakuisisi MoPub. Ini adalah perusahaan startup yang bergerak di bisnis periklanan mobile phone. Yang menarik, ini adalah akuisisi terbesar Twitter.

Media TechCrunch melaporkan, Twitter merogoh kocek senilai US$ 350 juta untuk membeli MoPub. Nilai akuisisi ini dibayarkan dalam bentuk saham di Twitter. Aksi pembelian ini bagian dari rencana Twitter untuk memperkuat platform iklan. Twitter memasang target pendapatan sebesar US$ 1 miliar di tahun 2014.

Ini juga merupakan bagian dari rencana penawaran saham perdana ke publik atawa IPO dalam beberapa bulan mendatang. Twitter berencana memasukkan rencana IPO pasca rilis kinerja keuangan kuartal III 2013. Perhelatan IPO kemungkinan berlangsung di kuartal IV 2013 atau awal tahun 2014.

Twitter meyakini, pembelian MoPub bakal memperluas pasar iklan. Twitter juga berambisi menggandeng perusahaan televisi dan e-commerce dalam rangka menggenjot pendapatan iklan. Sejatinya, MoPub memiliki sistem iklan secara real time, misalnya selama acara live di televisi.

Sistem ini memungkinkan MoPub menampilkan iklan di seluruh jaringan situs global. "Akuisisi ini jelas menjadi kunci pengembangan Twitter dan platform iklan kami," ujar Kevin Weil, Wakil Presiden Twitter Inc, mengutip Financial Times, Selasa (10/9). EMarketer menghitung, Twitter bakal memperoleh pemasukan iklan mobile lebih dari US$ 300 juta di sepanjang tahun 2013. Pencapaian ini merupakan setengah dari total pendapatan iklan global.

Saat ini MoPub menyajikan 2 miliar iklan per hari di semua platform, termasuk WordPress, situs game, dan aplikasi radio TuneIn. Di Mei 2013, MoPub menghasilkan pendapatan US$ 100 juta. Pendapatan ini melesat 11 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Jim Payne , CEO MoPub, mengatakan menjadikan Twitter sebagai induk usaha adalah sinergi yang klop. Sebab, MoPub juga fokus mengembangkan pengguna mobile phone.  Catatan saja, Payne juga menjabat sebagai eksekutif di AdMob. Ini adalah perusahaan periklanan mobile yang dicaplok Google Inc seharga US$ 750 juta pada tahun 2009 silam. Saat ini, AdMob dan MoPub adalah dua penguasa pasar periklanan di segmen ponsel pintar. 



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×