Umur Tata Surya Masih Stabil Selama 100 Ribu Tahun Lagi Berdasarkan Perhitungan

Jumat, 01 Juli 2022 | 11:04 WIB   Penulis: Arif Budianto
Umur Tata Surya Masih Stabil Selama 100 Ribu Tahun Lagi Berdasarkan Perhitungan

ILUSTRASI. Umur Tata Surya Masih Stabil Selama 100 Ribu Tahun Lagi Berdasarkan Perhitungan


KONTAN.CO.ID - Umur Tata Surya masih stabil setidaknya selama 100 ribu tahun lagi berdasarkan perhitungan terbaru. Perhitungan tersebut dilakukan oleh para matematikawan dalam studi berjudul "A Computer Assisted Proof For 100.000 Years Stability Of The Solar System".

Baru-baru ini penelitian terbaru mengunkapkan bukti yang cukup menarik tentang Tata Surya (Solar System).

Tata Surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri dari sebuah Bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya.

Ya, kita sedang membicarakan sekumpulan benda langit yang kita kenal dengan Planet, Satelit, Bintang dan benda langi lainnya yang mengorbit pada jalurnya masing-masing.

Mengutip dari Science Times (01/07/2022), berdasarkan perhitungan yang baru-baru ini dilakukan oleh matematikawan mengungkapkan bukti bahwa Tata Surya akan tetap ada setidaknya selama 100 ribu tahun lagi.

Dalam studi pracetak yang baru-baru ini diterbikan melalui ArXiv, studi berjudul "A Computer Assisted Proof For 100.000 Years Stability Of The Solary System" oleh Angel Zhivkow dan Ivaylo Tounchev dari Universitas Sofia, Bulgaria memaparkan bukti menarik.

Baca Juga: 7 Benda Langit Ini Dapat Diamati Pada Siang Hari, Salah Satunya Sering Anda Lihat

Sistem tata surya

Memanfaatkan bantuan komputer, kedua matematikawan tersebut memaparkan bukti analitis stabitlitas Tata Surya atas 100 ribu tahun berikutnya, termasuk delapan planet utama dan Pluto.

Menurut perhitungan mereka yang meskipun belum ditinjau oleh rekan sejawat, hasilnya menunjukkan bahwa benda-benda langit di Tata Surya tidak akan berubah secara drastis selama periode waktu tertentu.

Meskipun mungkin tampak aneh, terutama karena Tata Surya telah ada selama sekitar 4,5 miliar tahun. Namun, sebenarnya ini adalah model yang mudah untuk memprediksi apa yang akan dilakukan benda-benda langit di masa depan.

Baca Juga: Mengenal Fenomena Purnama Rusa Super yang Terjadi Usai Bulan Baru Stroberi Mikro

Studi sebelumnya telah dilakukan untuk memprediksi masa depan Tata Surya, menggunakan analitik komputer canggih untuk memodelkan gerakan setiap planet selama jutaan atau miliaran tahun. 

Di sisi lain, untuk memodelkan skala waktu yang begitu lama, para ahli terpaksa mengabaikan beberapa detail.

Meskipun perhitungan yang dilakukan oleh duo matematikawan Zhirkov dan Tounchev mencakup periode waktu yang jauh lebih singkat daripada yang lain, sejauh ini hasil yang diperoleh dapat diandalkan.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda masih bisa membayangkan kehidupan 100 ribu tahun ke depan dengan keadaan Tata Surya yang masih stabil ini?

Editor: Arif Budianto

Terbaru