kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45769,82   10,44   1.37%
  • EMAS915.000 -0,44%
  • RD.SAHAM -0.01%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

UPDATE CORONA GLOBAL: Rusia butuh bantuan militer, IMF bebaskan utang negara miskin


Selasa, 14 April 2020 / 07:51 WIB
UPDATE CORONA GLOBAL: Rusia butuh bantuan militer, IMF bebaskan utang negara miskin
ILUSTRASI. Presiden Rusia Vladimir Putin mengenakan alat pelindung diri lengkap berjalan di rumah sakit untuk pasien yang terinfeksi virus corona (COVID-19) di pinggiran kota Moskow, Rusia, 24 Maret 2020. Sputnik/Alexey Druzhinin/Kremlin via REUTERS 

Sumber: South China Morning Post,Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Menurut penghitungan dari Universitas Johns Hopkins, jumlah kasus yang dikonfirmasi dari virus corona baru telah melewati angka 2 juta secara global.

Virus, yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, China, akhir tahun lalu telah berubah menjadi krisis kesehatan global yang telah mengancam sistem kesehatan dan ekonomi.

Butuh waktu sekitar empat bulan bagi virus untuk menginfeksi 1 juta orang, pada 3 April. Dan, hanya selang seminggu, jumlah itu melonjak dua kali lipat. Total jumlah kasus hari ini kemungkinan bahkan lebih tinggi dari 2 juta, karena sejumlah negara, termasuk AS dan di negara berkembang menguji hanya sebagian kecil dari populasi mereka.

Virus, yang menyebabkan penyakit Covid-19, dalam beberapa kasus dapat menyebar dengan mudah dan pelan. Orang-orang dapat menularkannya kepada orang lain bahkan sebelum mereka tahu mereka sakit - atau tanpa pernah mengalami batuk atau demam, ciri khas penyakit ini.

Baca Juga: Apa rahasia di balik kesuksesan Vietnam menahan penularan corona? Ini bocorannya

Kasus di AS sekarang mendekati 600.000. Wabah di daerah metropolitan utama seperti New York City, Seattle dan Detroit telah menewaskan ribuan orang dan mematikan kehidupan Amerika di banyak daerah.

Titik api Eropa, yakni Italia dan Spanyol, terus berjuang melawan wabah yang telah mendorong penguncian nasional. China berusaha mencegah gelombang kedua infeksi, kebanyakan dari kasus impor.

Berikut perkembangan kasus virus corona secata global seperti yang dikutip dari South China Morning Post, Reuters, AFP dan AP:

Baca Juga: Lebih banyak pria meninggal karena Covid-19 ketimbang wanita, begini penjelasannya!

- IMF memberikan keringanan utang kepada 25 negara miskin

Dana Moneter Internasional (IMF) pada Senin mengumumkan pembebasan utang segera untuk 25 negara miskin untuk membantu mereka membebaskan dana guna memerangi pandemi virus corona.

"Ini memberikan hibah kepada anggota kami yang paling miskin dan paling rentan untuk menutupi kewajiban utang IMF mereka untuk fase awal selama enam bulan ke depan dan akan membantu mereka menyalurkan lebih banyak sumber daya keuangan mereka yang langka ke arah upaya darurat medis yang penting dan upaya bantuan lainnya," Direktur Pelaksana IMF Georginava Kristalina mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Warning WHO: Jangan buru-buru melonggarkan lockdown, bahaya!

Dewan IMF menyetujui keringanan hutang untuk negara-negara, hampir semua di Afrika, tetapi juga Afghanistan, Yaman, Nepal dan Haiti.




TERBARU

[X]
×