kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vaksinasi lewati target, Sydney melonggarkan lebih banyak pembatasan Covid-19


Senin, 18 Oktober 2021 / 06:55 WIB
Vaksinasi lewati target, Sydney melonggarkan lebih banyak pembatasan Covid-19
ILUSTRASI. Corona di Sydney, Australia. REUTERS/Loren Elliott


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - SYDNEY. Ribuan anak kembali ke sekolah-sekolah di Sydney pada Senin (18/10) setelah hampir empat bulan belajar di rumah ketika kota besar Australia itu melonggarkan lebih banyak pembatasan, hanya seminggu setelah mencabut penguncian akibat Covid-19 di tengah lonjakan tingkat vaksinasi.

Mengutip Reuters, Senin (18/10), penyerapan vaksin yang lebih cepat dari perkiraan mendorong pencabutan pembatasan lebih lanjut beberapa hari karena New South Wales, dimana Sydney berada melampaui tingkat imunisasi dosis lengkap 80% selama akhir pekan bagi orang-orang di atas 16 tahun. 

Pihak berwenang telah berjanji untuk mulai mengurangi pembatasan karena tingkat vaksinasi mencapai 70%, 80% dan 90%.

Masker akan dilepas di kantor, sementara lebih banyak orang dapat berkumpul di rumah dan di luar rumah saat Sydney siap hidup dengan Covid-19 setelah menghabiskan sebagian besar tahun ini bebas virus hingga wabah Delta pada pertengahan Juni. 

Baca Juga: Vaksinasi meningkat, Melbourne akan longgarkan penguncian Covid-19

Toko ritel, pub, dan pusat kebugaran dapat memungkinkan lebih banyak pelanggan yang divaksinasi dan klub malam dapat dibuka kembali untuk minum sambil duduk, sementara pernikahan dapat memiliki tamu tanpa batas.

Siswa di prasekolah dan kelas 1 dan 12 kembali ke kelas, sementara yang lainnya akan kembali minggu depan.

Infeksi harian di New South Wales melanjutkan tren penurunan mereka pada hari Senin karena kasus turun ke level terendah dalam 10 minggu, di 265, jauh turun dari tertinggi pandemi 1.599 pada awal September.

Negara tetangga Victoria melaporkan 1.903 kasus baru, naik dari 1.838 sehari sebelumnya. Otoritas negara bagian mengungkapkan pada hari Minggu bahwa Melbourne, ibu kota negara bagian, akan keluar dari pengunciannya pada hari Jumat karena negara bagian tersebut tampaknya siap untuk mencapai target vaksinasi 70% dalam beberapa hari.

5 juta penduduk Melbourne telah mengalami penguncian yang diperpanjang sejak 5 Agustus, keenam dalam pandemi, dan telah menghabiskan sekitar sembilan bulan di bawah pembatasan tinggal di rumah yang ketat sejak Maret 2020 - yang terpanjang di dunia, menurut media Australia.

Australia telah beralih dari strategi penekanan Covid-19 setelah mengakui strain Delta terlalu ganas untuk ditahan. Tetapi beberapa negara bagian yang bebas virus telah menandai bahwa mereka dapat menunda bahkan setelah lebih banyak inokulasi karena kekhawatiran pembukaan kembali yang terjal dapat membanjiri sistem kesehatan mereka.

Dengan sekitar 143.000 kasus dan 1.531 kematian, jumlah virus corona Australia relatif rendah.

Selanjutnya: Negara Asia Pasifik makin ramai buka perjalanan internasional




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×