kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,71   -13,81   -1.48%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vietnam catatkan rekor harian infeksi Covid-19


Kamis, 28 Januari 2021 / 14:15 WIB
Vietnam catatkan rekor harian infeksi Covid-19
ILUSTRASI. Corona di Vietnam. REUTERS/Kham


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - HANOI. Vietnam mengonfirmasi wabah pertama virus corona dalam hampir dua bulan pada Kamis dan memperingatkan itu bisa lebih serius daripada gelombang infeksi terakhir, karena pihak berwenang bergegas untuk menahan penyebaran dan menguji puluhan ribu orang.

Kementerian kesehatan sebelumnya pada hari Kamis melaporkan dua kasus yang ditularkan secara lokal, yang pertama di negara itu dalam 55 hari, salah satunya terpapar pada seseorang yang telah dites positif di Jepang untuk varian B.1.1.7 Inggris yang lebih menular.

83 infeksi yang diumumkan pada hari Kamis, merupakan rekor baru setiap hari untuk Vietnam yang telah secara efektif menutup perbatasannya dan menghindari epidemi yang lebih besar. Sebelumnya negara itu mencatat lebih dari 1.550 kasus dan 35 kematian sejak virus pertama kali terdeteksi.

Wabah tersebut, di provinsi Hai Duong dan Quang Ninh dekat ibu kota Hanoi, adalah yang terbesar di Vietnam sejak sebuah cluster muncul di pusat kota Danang pada Juli dan dengan cepat menyebar ke sebagian besar wilayah negara, yang menyebabkan kematian akibat virus korona pertama.

"Kami pikir wabah di Hai Duong akan lebih buruk daripada di Danang," kata Menteri Kesehatan Nguyen Thanh Long pada pertemuan mendesak di sela-sela Kongres lima tahunan Partai Komunis.

Baca Juga: Soal penyelidikan asal-usul virus corona di China, ini kata pejabat tinggi WHO

"Kami akan mengambil puluhan ribu sampel untuk diuji hari ini," katanya dalam pertemuan tersebut, rekaman audionya telah ditinjau oleh Reuters.

Long mengatakan Vietnam sejauh ini belum melihat begitu banyak tes yang hasilnya positif: total 72 dari 138 orang telah melakukan kontak dengan salah satu dari dua kasus baru yang dilaporkan pada Kamis pagi dinyatakan positif terkena virus, kata Long.

Wabah itu akan menjadi kejutan bagi Vietnam, karena tindakan karantina, pengujian dan pelacakan yang ketat, telah menjaga virus tetap terkendali, menjadikannya tiga tempat teratas dalam survei tentang seberapa baik negara-negara menangani pandemi.

Sebuah desa dan pabrik elektronik dikunci pada hari Kamis, dengan 2.340 pekerja dikarantina di Hai Duong dan upaya pelacakan kontak besar-besaran diluncurkan. Upaya penahanan bisa menjadi rumit dengan periode liburan Tahun Baru Imlek yang akan datang, ketika pertemuan besar di dalam ruangan biasa terjadi.

“Kami telah mengalami masalah seperti itu berkali-kali sehingga kami harus tetap tenang,” Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc mengatakan pada pertemuan darurat hari Kamis, menyerukan tindakan tegas tetapi tidak menyebabkan kepanikan.

Gelombang pertama infeksi dihancurkan pada bulan April, dan negara itu menjalani hampir 100 hari tanpa penularan lokal sampai wabah Danang.

Selanjutnya: Duh! WHO sebut varian baru Covid-19 sekarang sudah ada di 70 negara




TERBARU

[X]
×