kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Virus corona terus menyebar, ini 8 saran WHO untuk mencegah penularannya


Kamis, 03 September 2020 / 13:08 WIB
Virus corona terus menyebar, ini 8 saran WHO untuk mencegah penularannya
ILUSTRASI. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus saat menyampaikan kabar terkini pandemi virus corona yang terus menyebar.


Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - Jumlah kasus virus corona baru secara global yang sudah menyentuh angka 26 juta. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pun terus mengingatkan untuk mencegah penularan virus corona.

Harapan akan kehadiran vaksin memang mulai muncul dari berbagai negara dan perusahaan farmasi. Tapi, sampai saat ini belum ada vaksin potensial yang secara resmi dinyatakan efektif untuk menangkal virus corona.

Banyak negara memprediksikan, pengembangan vaksin virus corona baru akan selesai pada akhir tahun nanti. Sementara distribusinya secara massal baru bisa dimulai pada awal tahun tahun depan.

Di tengah ketidapastian ini, WHO rutin menyampaikan kepada seluruh penduduk dunia untuk tetap menjaga diri di segala kondisi. Melalui situs resminya, WHO mengungkapkan langkah-langkah untuk mengurangi potensi penularan virus corona.

Baca Juga: Satgas akui positivity rate Covid-19 terus naik, 3 kali lebih tinggi dari standar WHO

Berikut 8 saran WHO untuk mencegah penularan virus corona:

  1. Bersihkan tangan secara teratur dan menyeluruh dengan antiseptik berbasis alkohol atau dengan sabun dan air. Mencuci tangan dengan bahan pembersih tersebut bisa membunuh virus yang mungkin menempel di tangan Anda.
  2. Menjaga jarak dengan orang lain setidaknya sejauh 1 meter. Hal ini untuk mencegah terkena cipratan cairan yang keluar dari mulut orang lain saat batuk, bersin, maupun berbicara. Cairan yang keluar dari tubuh ini berpotensi membawa virus corona dan dapat menular jika ikut terhirup ke dalam saluran pernapasan.
  3. Sebisa mungkin hindari pergi ke tempat keramaian. Saat datang ke keramaian, ada potensi untuk bertemu dengan orang yang membawa virus. Di tempat yang padat seperti itu, akan sulit menjaga jarak 1 meter yang seharusnya dipatuhi.
  4. Kurangi frekuensi menyentuh hidung, mata, dan mulut. Beberapa wilayah tersebut merupakan pintu masuk bagi virus corona. Kalaupun terpaksa akan menyentuh bagian-bagian tersebut, pastikan tangan Anda sudah dalam kondisi bersih setelah mencuci tangan dengan sabun atau cairan antiseptik.
  5. Pastikan Anda, dan orang-orang di sekitar Anda, menutup mulut dan hidung dengan siku yang ditekuk tisu saat bersin atau batuk. Lalu segera buang tisu bekas dan cuci tangan Anda. Hal ini sangat penting dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan orang-orang yang ada di sekitar Anda agar tidak tertular penyakit perpasan, termasuk Covid-19.
  6. Berusaha untuk tetap berada di rumah walaupun Anda mengalami gejala ringan seperti batuk, sakit kepala, serta deman ringan. Jika terpaksa harus keluar rumah, pastikan untuk menggunakan masker untuk melindungi orang-orang sekitar.
  7. Jika Anda mengalami demam, batuk, dan kesulipan bernapas, segera lakukan pemeriksaan medis. Jika ragu untuk keluar, Anda bisa meminta petugas medis untuk datang ke rumah. Bila hendak melakukan pemeriksaan ke rumah sakit atau klinik, ada baiknya memberi kabar terlebih dahulu agar pihak terkait mempersiapkan segala prosedur pencegahan.
  8. Tetap mengikuti perkembangan berita terkini mengenai penyebaran virus corona. Carilah sumber informasi terpercaya dari pemerintah maupun WHO.

Baca Juga: Pemerintah libatkan produsen swasta untuk produksi vaksin Covid-19




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×