kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vladimir Putin duduki posisi orang paling berkuasa


Kamis, 05 November 2015 / 15:01 WIB
Vladimir Putin duduki posisi orang paling berkuasa


Sumber: Forbes | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Presiden Rusia Vladimir Putin untuk kali ketiga menduduki posisi orang paling berkuasa tahun ini. Kekuatan Putin dinilai melampaui Presiden Amerika Serikat Barack Obama ataupun orang terkaya sedunia Bill Gates. 

Kenapa Forbes dalam The World's Most Poweful People 2015 memilih Putin? Itu karena Putin dianggap memiliki kekuatan untuk melakukan apa yang dia mau. 

Memang, sanksi terhadap Rusia yang menginvasi Ukraina telah menekan rubel dan menyeret Negara Beruang Merah ke dalam resesi. Namun, Forbes melihat, Putin tak terpengaruh. 

Putin bahkan makin populer di tanahnya sendiri. Terlihat dari approval ratings atas Putin yang mencapai level tertingginya yaitu 89% pada Juni lalu.

Pada Oktober, dia mengebom tentara ISIS di Syria dan bertemu muka dengan Presiden Syria Bashar al-Assad. Langkahnya membuat AS dan negara-negara NATO terlihat lemah di kawasan ini. Putin juga dinilai sukses melebarkan pengaruh Rusia ke luar negeri. 

Dalam daftar ini, Forbes tak hanya menilai kepala negara tapi juga pengusaha dan filantropis. Salah satu syarat penilaian antara lain, memiliki kekuatan atas banyak orang. 

Nah, Paus Fransiskus yang memimpin miliaran umat Katolik dianggap memenuhi syarat tersebut, sehingga menduduki posisi keempat dalam daftar ini.

Syarat penilaian lainnya, orang yang memiliki kekuatan finansial dibandingkan dengan pesaingnya. Misalnya, Bill Gates yang merupakan orang terkaya dunia dan ditempatkan dalam posisi nomor 6. 

Pimpinan Korea Utara Kim Jong Un juga masuk dalam daftar ini di posisi ke-46. Dia dianggap memiliki kekuasaan absolut atas 25 juta warga Korea Utara dan dikenal selalu menjatuhkan hukuman mati bagi siapapun yang bersebrangan dengannya.     

Berikut 10 orang paling berkuasa di tahun ini versi Forbes:

1. Vladimir Putin (Presiden Rusia)
2. Angela Merkel (Kanselir Jerman)
3. Barack Obama (Presiden Amerika Serikat)
4. Paus Fransiskus (Gereja Katolik Roma)
5. Xi Jiping (Presiden China)
6. Bill Gates (Yayasan Bill & Melinda, pendiri Microsoft)
7. Janet Yellen (Gubernur Federal Reserve, AS) 
8. David Cameron (Perdana Menteri Inggris)
9. Narendra Modi (Perdana Menteri India)
10. Larry Page (co-founder Google)




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×