kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,72   6,12   0.62%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

VW dan Audi tidak masalah setor data pada Gaikindo


Minggu, 25 Februari 2018 / 14:07 WIB
VW dan Audi tidak masalah setor data pada Gaikindo
Test drive SUV Audi dan VW


Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pekan lalu Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) resmi mencabut keanggotaan Mercedes-Benz karena tidak mau menyetor data penjualan. Sikap Mercedes-Benz itu ternyata berbeda 180 derajat dari merek Jerman lain di dalam negeri. 

Pengumpulan data penjualan oleh Gaikindo merupakan mandat dari Peraturan Menteri Keuangan Nomor 79 Tahun 2013. Semua anggota Gaikindo melakukannya kecuali Mercedes-Benz sejak Mei 2017.

BMW sudah menyatakan sebelumnya tidak masalah menyerahkan data penjualan ke Gaikindo. Kini pemegang merek Audi dan Volkswagen juga menyatakan hal yang sama. 

“Karena kami melihatnya sebagai agen pemegang merek Audi dan VW, sesama merek Jerman, kami tidak masalah karena kan toh seluruh pemain otomotif menyetor data. Jadi dari sisi pihak kami, tidak ada masalah sama sekali,” ucap Jonas Chendana, Chief Operation Officer Garuda Mataram Motor di Tangerang, Sabtu (24/2).

Jonas menolak mengomentari merek lain yang tidak mau menyetor data sebab setiap merek punya rumah tangga dan dapur sendiri. Meski begitu dia menyebut ada banyak keuntungan menjadi anggota Gaikindo.

“Artinya begini kami butuh suatu wadah yang bisa mewakili kami dari kalangan pemain ataupun pelaku bisnis di roda empat ini yang menjadi jembatan ke pembuat keputusan. Cuma memang balik lagi, masing-masing pemain punya perspektif atau kepentingan yang berbeda, strategi berbeda-beda,” kata Jonas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "VW dan Audi Tidak Masalah Setor Data Penjualan ke Gaikindo", http://otomotif.kompas.com/read/2018/02/25/112200415/vw-dan-audi-tidak-masalah-setor-data-penjualan-ke-gaikindo.
Penulis : Febri Ardani Saragih
Editor : Azwar Ferdian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×