kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Wabah virus corona, peserta Mobile World Congress asal China dibatasi


Senin, 10 Februari 2020 / 12:11 WIB
Wabah virus corona, peserta Mobile World Congress asal China dibatasi
ILUSTRASI. Sejumlah petinggi dari pabrikan asal China harus menjalani karantina sebelum berangkat ke MWC 2020 di Barcelona

Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyelenggaraan trade show Mobile World Congress (MWC) 2020 di Barcelona, Spanyol, pada akhir Februari mendatang diwarnai kekhawatiran mewabahnya virus corona. 

Sebagian peserta pameran merupakan pabrikan ponsel yang berbasis di China, seperti Huawei, ZTE, Oppo, dan Xiaomi. Terkait hal tersebut, para pabrikan ini dilaporkan telah memangkas jumlah kontingen masing-masing yang diberangkatkan ke MWC 2020. Jumlahnya bakal lebih sedikit dibandingkan dengan tahun lalu. 

Selain itu, karyawan asal China yang hendak ikut serta dalam pameran pun sudah dikirim ke Spanyol sejak jauh-jauh hari untuk menghindari travel restriction dari negara yang disinggahi. 

Baca Juga: Amerika harus jadi pengendali Nokia dan Ericsson untuk lawan Huawei di pasar 5G

Upaya karantina turut dilancarkan untuk memastikan karyawan yang berangkat tidak terinfeksi virus corona. Oppo, Huawei, dan ZTE, misalnya akan mengkarantina para eksekutifnya selama paling tidak dua pekan. 

"ZTE akan memastikan bahwa semua karyawan dari China daratan termasuk warga negara non-China, tidak memiliki gejala dua minggu sebelum keberangkatan dan kedatangan di MWC," ujar perusahaan ZTE dalam siaran resminya. 

Oppo menyatakan, bakal memprioritaskan kesehatan dan keselamatan karyawannya, serta berkomitmen mengikuti semua "ketentuan imigrasi dari setiap negara dan memastikan pegawai melakukan perjalanan dengan aman". 




TERBARU

Close [X]
×