kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Waduh, wabah demam babi Afrika sudah sampai di Timor Leste


Senin, 30 September 2019 / 18:11 WIB

Waduh, wabah demam babi Afrika sudah sampai di Timor Leste
ILUSTRASI. Peternakan Babi

KONTAN.CO.ID - Timor Leste melaporkan wabah demam babi Afrika. Ini kejadian pertama dari virus yang membunuh jutaan babi di seluruh Asia di negara yang bertetangga dekat dengan Indonesia itu.

Laporan Reuters menyebutkan, melalui situs Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE) yang berbasis di Paris, Kementerian Pertanian Timor Leste melaporkan, wabah tersebut menewaskan total 405 babi milik peternak perorangan di wilayah Kota Dili.

Mengacu data sensus 2015, Kementerian Pertanian Timor Leste memperkirakan, lebih dari 44.000 babi milik peternak kemungkinan terkena dampak wabah demam babi Afrika. Sumber wabah atau asal infeksi tidak diketahui.

Baca Juga: Wabah demam babi menyerang, impor daging babi China melonjak 76% pada Agustus

Memang, demam babi Afrika tidak berbahaya bagi manusia tetapi mematikan bagi babi, tanpa vaksin yang tersedia. Wabah ini muncul pertama kali di Asia, lebih dari setahun yang lalu, tepatnya di China, sebelum menyebar ke negara-negara Asia Tenggara, seperti Kamboja dan Vietnam.

Kerusakan parah pada babi ternak di China, produsen daging babi terbesar dunia, telah mengganggu pasar global, termasuk suplai jagung dan soymeal yang jadi pakan babi.


Reporter: SS. Kurniawan
Editor: S.S. Kurniawan

Video Pilihan


Close [X]
×