kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wah, pemegang restoran Pizza Hut terbesar di AS terancam bangkrut


Rabu, 01 Juli 2020 / 22:21 WIB
Wah, pemegang restoran Pizza Hut terbesar di AS terancam bangkrut
ILUSTRASI. Ilustrasi Pizza HUT: Gerai Pizza Hut di kawasan Depok. KONTAN/BAihaki/03/05


Sumber: Bloomberg | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - TEXAS. NPC International Inc, pewaralaba restoran Pizza Hut dan Wendy's terbesar di Amerika Serikat (AS), mengajukan proteksi kebangkrutan di pengadilan. Bisnis NPC melorot setelah penyebaran pandemi makin mengorbankan kompetisi di industri restoran cepat saji.

Perusahaan tersebut mengajukan Chapter 11  di Pengadilan Distrik Texas, pada Rabu (1/7) waktu setempat. Chapter 11 lazim ditempuh perusahaan untuk melakukan restrukturisasi utang demi menghindari kebangkrutan.

NPC, yang beroperasi sejak tahun 1962, kini mengoperasikan 1.227 gerai Pizza Hut dan 393 gerai Wendy's di AS. 

Di masa pandemi, NPC dan Pizza Hut telah berjuang untuk memperbesar layanan antaran dan keluar dari pakem tradisional bisnis restoran. Di sisi lain, perusahaan ini menghadapi tekanan akibat kenaikan gaji pegawai. 

Mengutip Bloomberg, perusahaan yang menghadapi persaingan sengit dari Domino's Pizza Inc dan Papa John's International Inc itu memiliki utang US$ 903 juta dan telah melakukan pra-negosiasi perjanjian restrukturisasi dengan sekitar 90% dari kreditur pertama (first-lien).

Nah, pengajuan Chapter 11 bukan berarti Pizza Hut dan Wendy's gulung tikar. NPC bisa tetap beroperasi sembari menegosiasikan restrukturisasi utang. Langkah yang diambil NPC ini juga tidak mempengaruhi restoran Pizza Hut dan Wendy's lainnya yang dimiliki oleh pewaralaba lainnya. 

Mengutip keterangan US Courts, Chapter 11 secara umum menyediakan kesempatan reorganisasi. Debitur biasanya mengajukan rencana reorganisasi agar bisnis tetap hidup, sehingga bisa memenuhi kewajiban pembayaran kepada kreditur. 

Berdasarkan proposal awal restrukturisasi utang yang diajukannya, NPC akan mulai menjual restoran Wendy's di masa mendatang. Perusahaan ini memiliki waktu hingga 24 Juli untuk membicarakan restrukturisasi ini dengan kreditur dan pemilik (terwaralaba) Pizza Hut. 

Andai tidak terjadi kesepakatan, barulah NPC akan mulai menjual sejumlah restoran Pizza Hut.

"Kami bekerja sama dengan NPC dan krediturnya untuk memastikan bahwa restoran Pizza Hut milik NPC keluar dari proses ini dengan dukungan yang mereka butuhkan," kata Jurubicara Pizza Hut, seperti dikutip dari Bloomberg.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×