kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.011,21   -3,65   -0.36%
  • EMAS963.000 0,94%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.32%

Wah! Tanda-tanda potensial kehidupan alien terdeteksi di Venus


Selasa, 15 September 2020 / 07:16 WIB
Wah! Tanda-tanda potensial kehidupan alien terdeteksi di Venus
ILUSTRASI. Planet Venus terlihat seperti titik hitam di permukaan matahari saat terjadi fenomena transit venus terlihat di Madiun, Jatim, Rabu (6/6). Transit Venus yang tergolong langka terjadi saat Planet Venus melintas di antara matahari dan bumi, sehingga akan ta


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Para ilmuwan mengatakan mereka telah mendeteksi di awan yang sangat asam di Venus sebuah gas yang disebut fosfin. Gas ini menunjukkan mikroba mungkin menghuni tetangga Bumi yang tidak ramah itu. Ini sekaligus menjadi sebuah tanda adanya potensi kehidupan di luar Bumi.

Reuters memberitakan, para peneliti tidak menemukan bentuk kehidupan yang sebenarnya. Akan tetapi mereka mencatat bahwa fosfin di Bumi diproduksi oleh bakteri yang berkembang di lingkungan yang kekurangan oksigen. Tim ilmiah internasional pertama kali melihat fosfin menggunakan Teleskop James Clerk Maxwell di Hawaii dan mengonfirmasinya menggunakan teleskop radio Atacama Large Millimeter / submillimeter Array (ALMA) di Chili.

“Saya sangat terkejut - sebenarnya,” kata astronom Jane Greaves dari Universitas Cardiff di Wales, penulis utama penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Astronomy seperti yang dikutip Reuters.

Keberadaan kehidupan di luar Bumi yang lama telah menjadi salah satu pertanyaan terpenting dalam sains. Para ilmuwan telah menggunakan probe dan teleskop untuk mencari “tanda tanda biologis” - tanda kehidupan tidak langsung - di planet dan bulan lain di tata surya kita dan sekitarnya.

Baca Juga: Jangan lewatkan, puncak hujan Meteor Perseids mulai malam ini di langit Indonesia

“Dengan apa yang saat ini kita ketahui tentang Venus, penjelasan yang paling masuk akal untuk fosfin, walaupun kedengarannya fantastis, adalah kehidupan,” kata ahli astrofisika molekuler Institut Teknologi Massachusetts dan rekan penulis studi Clara Sousa-Silva.

“Saya harus menekankan bahwa hidup, sebagai penjelasan untuk penemuan kita, harus selalu menjadi pilihan terakhir. Ini penting karena, jika itu fosfin, dan jika itu kehidupan, berarti kita tidak sendiri. Itu juga berarti bahwa kehidupan itu sendiri pasti sangat umum, dan pasti ada banyak planet berpenghuni lain di seluruh galaksi kita,” tambah Sousa-Silva.

Baca Juga: NASA tangkap citra planet yang begitu indah di luar tata surya, ini keistimewaannya

Venus belum menjadi fokus pencarian kehidupan di tempat lain di tata surya, dengan Mars dan dunia lain mendapat perhatian lebih.




TERBARU

[X]
×