kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wal-Mart Yakin Jualan Naik Saat Piala Dunia


Senin, 07 Juni 2010 / 20:02 WIB
Wal-Mart Yakin Jualan Naik Saat Piala Dunia


Reporter: Arief Ardiansyah, Bloomberg |

ARKANSAS. Perhelatan akbar Piala Dunia FIFA 2010 di Afrika Selatan tinggal hitungan hari lagi. Para pebisnis yang mencari tuah dari hajatan empat tahun sekali ini kian serius menyiapkan diri.

Salah satunya adalah Wal-Mart Stores Inc. Peritel raksasa asal Amerika Serikat (AS) ini tengah menyiapkan langkah antisipasi bila terjadi lonjakan penjualan di jaringan tokonya di seluruh dunia. "Kami mengantisipasi bila negara mereka terus melaju di Piala Dunia," kata Chief Marketing Officer Wal-Mart, Rick Bendel.

Dia memprediksi, pemasukan toko di negara yang berlaga pada Piala Dunia bisa naik 2%-4%. Bila negara itu masuk babak semifinal, omzetnya naik lagi 1%-2%.

Bendel mencontohkan pasar Wal-Mart di Inggris. Di sana, Wal-Mart Asda menjadi pemilik rantai supermarket terbesar kedua. Pesaing utamanya, Tesco Plc, menjadi sponsor tim nasional Inggris.

Dia menyatakan turnamen sepakbola sebulan penuh ini bakal menghasilkan penerimaan tambahan ratusan juta pounds di Inggris. "Ini even televisi, segala hal yang berhubungan dengan TV mulai dari makanan, minuman, peralatan TV, sofa, dan lainnya bakal laku," tukas Bendel.

Wal-Mart melihat kerjasamanya dengan federasi sepakbola dunia (FIFA) di Piala Dunia 2010 ini sangat menguntungkan. Bendel mengaku bangga karena justru FIFA yang mendekati Wal-Mart. "Artinya, banyak pihak yang menganggap Wal-Mart sebagai mitra yang cocok," katanya.

Aksi peritel Eropa

Peritel global ini mendapat kontrak eksklusif untuk menjual aneka memorabilia Piala Dunia. Tapi, Bendel tidak mau membeberkan detil perjanjiannya dengan FIFA.

Mereka memiliki jaringan toko di delapan negara yang menjadi peserta Piala Dunia kali ini. Mereka adalah Amerika Serikat, Brasil, Chili, Meksiko, Jepang, Honduras, Inggris, dan Argentina. Secara keseluruhan, jaringan ritel Wal-Mart tersebar di 14 negara.

Meski begitu, Wal-Mart harus bersaing dengan pemain lainnya di bidang ritel dalam berebut ceruk bisnis Piala Dunia FIFA. Banyak peritel yang bersemangat dalam menjual produk dengan memanfaatkan momen ini.

Salah satu pesaing Wal-Mart dalam memanfaatkan hajatan ini adalah DSG International Plc. Peritel elektronik terbesar di Inggris ini menawarkan diskon £ 10 untuk setiap gol yang dicetak tim Inggris di Piala Dunia. Diskon ini berlaku untuk pembelian televisi dengan harga di atas £ 599.

Lain lagi upaya Kingfisher Plc’s B&Q, perusahaan perlengkapan rumahtangga di Inggris. Perusahaan ini membuat desain stoking dan roda dengan gambar bendera kebangsaan Inggris.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×