Berita Market

Wall Street Ijo Royo-Royo Optimis terhadap Perundingan Dagang AS-China

Rabu, 09 Januari 2019 | 05:18 WIB
Wall Street Ijo Royo-Royo Optimis terhadap Perundingan Dagang AS-China

Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Indeks S&P 500 di Wall Street melonjak ke level tertinggi tiga minggu pada hari Selasa (8/1), dipimpin oleh Apple, Amazon, Facebook dan saham industri. Rupanya pasar bertaruh Amerika Serikat dan China akan mencapai kesepakatan untuk mengakhiri perang dagang mereka.

Reli tiga hari dimulai pada hari Jumat setelah data pekerjaan AS yang kuat dan komentar dovish terhadap suku bunga oleh kepala Federal Reserve Jerome Powell telah mengangkat S&P 500 lebih dari 9% dari posisi terendah 20-bulan yang tersentuh sekitar Natal.

Dari sembilan hari perdagangan terakhir, S&P 500 telah menguat selama tujuh hari di antaranya.

Amerika Serikat dan China akan memperpanjang pembicaraan perdagangan di Beijing untuk hari ketiga yang tidak dijadwalkan, kata seorang anggota delegasi AS.

Dua negara ekonomi terbesar di dunia itu berusaha menyelesaikan sengketa perdagangan yang pahit. Sejauh ini, para pejabat dari kedua belah pihak terdengar optimis, dengan Presiden Donald Trump mengatakan pembicaraan berjalan dengan baik.

"Anda melihat beberapa negosiasi terjadi dan pasar mulai berpikir bahwa mungkin kita akan mulai melihat kerangka kerja berkembang," kata Anik Sen, kepala ekuitas global di PineBridge Investments.

Sektor industri S&P yang sensitif terhadap perdagangan naik 1,41%. Saham Boeing Co melonjak 3,79%, memberikan kontribusi terbesar bagi kenaikan Dow, setelah perusahaan mengatakan telah mengirimkan rekor 806 pesawat pada 2018.

Apple Inc naik 1,91%, mendapatkan kembali kekuatan setelah perusahaan pekan lalu memperingatkan adanya permintaan yang lebih lemah dari yang diperkirakan terhadap iPhone. 

Tetapi kenaikan sektor teknologi dibatasi oleh penurunan saham chip setelah Samsung menyalahkan penurunan sekitar 29% dalam laba kuartalan karena lemahnya permintaan chip.

Indeks Philadelphia Semiconductor turun 0,49%. Menambah kesengsaraan, Goldman Sachs meramalkan tahun yang sulit bagi pembuat chip, terutama di babak pertama.

Investor lain tetap optimis tentang hasil kuartalan AS mendatang.

"Ini tahun baru dan investor benar-benar mundur dan melihat fundamental, dan menyadari itu bukan cerita yang buruk seperti yang mungkin kita pikirkan menjelang akhir tahun," kata Jeff Kravetz, ahli strategi investasi regional di US Bank Manajemen Kekayaan.

Indeks layanan komunikasi naik 1,58%, dengan Facebook Inc bertambah 3,25% setelah JPMorgan mengatakan perusahaan media sosial itu menjadi salah satu pilihan internet favorit untuk 2019.

Amazon.com Inc naik 1,66%, meningkatkan kapitalisasi pasar menjadi US$ 810 miliar dan memperkuat posisinya sebagai perusahaan AS yang paling berharga.

Dow Jones Industrial Average melonjak 1,09% sebelum berakhir ke 23.787,45 poin, sementara S&P 500 naik 0,97% menjadi 2.574,41. Nasdaq Composite bertambah 1,08% menjadi 6.897,00.

Keuangan adalah satu-satunya indeks S&P yang tidak naik, berakhir tidak berubah karena kurva imbal hasil Treasury AS rata.

Saham PG&E Corp terus menurun, jatuh 7,34% setelah S&P Global Ratings melucuti utilitas listrik California dari peringkat kredit tingkat investasi.

Union Pacific Corp naik 8,73% setelah perkeretaapian No. 1 AS menunjuk veteran industri Jim Vena sebagai chief operating officer.

Masalah yang maju melebihi jumlah yang menurun di NYSE dengan rasio 3,36 banding 1; pada Nasdaq, rasio 2,16 banding 1 disukai para pengembang.

S&P 500 tidak membukukan tertinggi baru 52-minggu dan satu rendah baru; Nasdaq Composite mencatat 28 tertinggi baru dan 15 terendah baru.

Volume pada pertukaran A.S. adalah 8,0 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 9,0 miliar selama 20 hari perdagangan terakhir.

Terbaru