kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warga Sipil Diusir, Biden Yakin Putin Akan Menginvasi Ukraina Dalam Beberapa Hari


Sabtu, 19 Februari 2022 / 11:00 WIB
Warga Sipil Diusir, Biden Yakin Putin Akan Menginvasi Ukraina Dalam Beberapa Hari


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin telah memutuskan untuk menyerang Ukraina dalam beberapa hari, setelah separatis yang didukung oleh Moskow mengatakan kepada warga sipil untuk meninggalkan daerah yang memisahkan diri dengan bus, sebuah langkah yang ditakuti Barat sebagai bagian dari dalih serangan.

Mengutip Reuters, Sabtu (19/2), dalam salah satu krisis terburuk pasca-Perang Dingin, Rusia ingin menghentikan Kyiv bergabung dengan NATO dan menuduh Barat histeris, mengatakan tidak memiliki rencana untuk menyerang, sementara Amerika Serikat dan sekutunya bersikeras bahwa pembangunan militer terus berlanjut.

Sirene peringatan berbunyi di Donetsk dan Luhansk pada hari Jumat setelah para pemimpin pemberontak di sana mengumumkan evakuasi ratusan ribu orang ke Rusia.

"Kami memiliki alasan untuk percaya bahwa pasukan Rusia berencana dan berniat untuk menyerang Ukraina dalam minggu mendatang, dalam beberapa hari mendatang," kata Biden kepada wartawan di Gedung Putih, menambahkan bahwa Kyiv akan menjadi target.

"Sampai saat ini, saya yakin dia telah membuat keputusan."

Baca Juga: Konflik Ukraina, Amerika Serikat dan Sekutu Mewaspadai Serangan Siber Rusia

Jumat malam, intelijen militer Ukraina mengatakan pasukan khusus Rusia telah menanam bahan peledak di fasilitas infrastruktur sosial di Donetsk, dan mendesak warga untuk tinggal di rumah. Layanan Keamanan Federal Rusia tidak segera membalas permintaan komentar.

Mengutip koresponden di lapangan, kantor berita Rusia kemudian melaporkan bahwa dua ledakan menghantam Luhansk, salah satu kota utama di Republik Rakyat Luhansk yang memisahkan diri, dan bagian dari pipa gas di daerah itu terbakar.

Sebelumnya, para pemimpin separatis di Donetsk dan Luhansk mengeluarkan pernyataan video di mana mereka mengumumkan evakuasi dan menuduh Ukraina bersiap untuk menyerang kedua wilayah segera - tuduhan yang menurut Kyiv salah.

Tetapi setidaknya satu video tampaknya telah dibuat pada hari Rabu sebelum ledakan terbaru dalam penembakan dimulai, menurut metadata, yang disematkan dalam rekaman. Hal itu menimbulkan kecurigaan di kalangan analis Barat meskipun dapat ditimpa.

Ditanya tentang evakuasi, sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan mereka adalah "contoh yang baik" dari apa yang ditakuti Washington.

"Kami telah ... lama meramalkan untuk Anda semua bahwa Rusia akan mengambil bagian dalam dalih atau langkah-langkah yang akan meletakkan predikat baik untuk perang atau untuk membuat kebingungan atau menyebarkan informasi yang salah di lapangan," katanya kepada wartawan.

Beberapa jam setelah pengumuman evakuasi, sebuah jip meledak di luar gedung pemerintah pemberontak di kota Donetsk.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×