kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Warning Pentagon: Wabah virus corona di AS akan berlangsung berbulan-bulan


Rabu, 25 Maret 2020 / 07:02 WIB
Warning Pentagon: Wabah virus corona di AS akan berlangsung berbulan-bulan
ILUSTRASI. Logo Pentagon. REUTERS/Al Drago

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Para pemimpin senior Pentagon mengatakan pada hari Selasa (24/3/2020) bahwa wabah virus corona yang menyebar cepat di Amerika Serikat dapat berlanjut selama berbulan-bulan. Pentagon juga menyatakan, pihak militer akan terus mendukung upaya untuk melawannya selama diperlukan.

Melansir Reuters, pandemi virus corona telah menewaskan lebih dari 660 orang di Amerika Serikat dan menginfeksi lebih dari 50.000 orang.

Presiden Donald Trump mengatakan pada hari Senin bahwa ia sedang mempertimbangkan cara bagaimana membuka kembali ekonomi AS ketika shutdown 15 hari berakhir minggu depan, bahkan ketika virus corona yang sangat menular menyebar dengan cepat dan rumah sakit bersiap menghadapi gelombang kematian terkait virus.

Baca Juga: New York ubah 10.000 kamar hotel jadi rumahsakit darurat virus corona

"Saya pikir kita perlu merencanakan ini setidaknya untuk beberapa bulan yang panjang dan kita mengambil semua tindakan pencegahan agar virus tidak semakin menyebar," kata Menteri Pertahanan AS Mark Esper ketika ditanya berapa lama wabah dapat berlangsung dan berapa lama militer akan melanjutkan upaya dukungan untuk menghadapinya.

"Saya sepenuhnya yakin bahwa pada akhirnya, dalam periode berbulan-bulan, kita akan melewati ini," kata Esper seperti yang dilansir Reuters.

Baca Juga: Inilah medan pertempuran terbaru antara China dengan AS!

Pada kesempatan yang sama, ketua Kepala Staf Gabungan, Jenderal Angkatan Darat Mark Milley, mengatakan hingga saat ini tidak jelas berapa lama serangan wabah akan berlangsung. Namun, jika mengambil model dari pengalaman negara lain -yang mungkin saja tidak berlaku untuk Amerika- wabah corona bisa berlangsung hingga Juli.

"Jika itu berlaku, Anda mungkin melihat akhir Mei, Juni, sesuatu dalam kisaran itu, bisa sampai akhir Juli," kata Milley.



TERBARU

[X]
×