CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.015,18   6,97   0.69%
  • EMAS984.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warren Buffett: 99% kekayaan saya untuk filantropi


Selasa, 24 September 2019 / 08:00 WIB
Warren Buffett: 99% kekayaan saya untuk filantropi


Reporter: Tri Adi | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.Hartanya  yang berupa saham Berkshire Hathaway  Warren Buffett  rencanakan untuk didistribusikan langsung ke yayasan. Adapun uang tunainya ia tinggalkan untuk pewarisnya agar terus diinvestasikan dalam reksadana indeks.

"Saya  menggunakan uang tunai untuk warisan individu, karena semua saham Berkshire saya sepenuhnya akan didistribusikan ke organisasi filantropi tertentu selama sepuluh tahun setelah penutupan 'perkebunan' saya,"  wasiat  Buffett dalam suratnya tahun 2013 kepada pemegang saham Berkshire Hathaway.

Betapa, filantropi sudah menjadi  jalan hidup Buffett.  Bahkan, dia tidak merasa "rugi" untuk mewakafkan semua sahamnya. Nayatanya, kontribusi Buffett  terhadap Bill and Melinda Gates Foundation telah memberinya pengaruh besar dan Buffett mempertahankan keaktifannya dalam yayasan.  

Buffett memang sangat perhatian terhadap upaya memecahkan masalah kesehatan dan pendidikan global. Ketertarikan ini membuatnya aktif mempromosikan yayasan dan mendorong orang lain untuk berkontribusi, terutama mereka yang memiliki  kekayaan  bernilai tinggi.

Baca Juga: Warren Buffett: Berinvestasilah di bisnis yang bisa dijalankan orang bodoh

Karena itu, menurut catatan Investopedia, Buffett juga mendorong anak-anaknya untuk mengikuti nilai-nilainya sendiri, termasuk etos kerjanya dan aktif dalam filantropi. Buffett percaya bahwa Yayasan Bill dan Melinda Gates secara efektif mengatasi masalah ketidakadilan global dalam akses ke perawatan kesehatan dan pendidikan, termasuk secara signifikan menjangkau perempuan dan anak-anak termiskin di dunia.

Pada akhirnya, semua saham Buffet akan disumbangkan melalui hadiah tahunan, ditetapkan untuk menyelesaikan 10 tahun setelah penyelesaian warisannya.  Donasi terakhir Buffett terhadap terjadi pada  1 Juli 2019.

Berkshire Hathaway merilis siaran pers yang mengumumkan bahwa Warren Buffett telah menyumbangkan sekitar US$ 3,6 miliar saham perusahaan untuk lima badan amal. Ini merupakan kontribusi terbesar miliarder itu.  

Dalam The Giving Pledge  (givingpledge.org) Warren Buffett menulis, "Janji saya: Lebih dari 99% kekayaan saya akan disumbangkan untuk filantropi selama saya hidup atau mati."♦

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×