kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warren Buffett akui salah perhitungan saat akuisisi Precision Castparts


Minggu, 28 Februari 2021 / 07:22 WIB
Warren Buffett akui salah perhitungan saat akuisisi Precision Castparts
ILUSTRASI. Chairman Berkshire Hathaway Warren Buffett


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Investor kawakan Warren Buffett juga membuat kesalahan dalam berinvestasi. Sabtu (27/2), miliarder yang kini berusia 90 tahun itu bahwa dia "membayar terlalu mahal" ketika Berkshire Hathaway Inc menghabiskan duit US$ 32,1 miliar pada tahun 2016 untuk membeli saham produsen suku cadang industri dan pesawat, Precision Castparts Corp.

Seperti dikutip Reuters, Berkshire kehilangan US$ 9,8 miliar dari nilai Precision pada Agustus tahun lalu, karena pandemi virus korona melemahkan permintaan untuk perjalanan udara dan produk unit perusahaan yang berbasis di Portland, Oregon itu.

Dalam surat tahunannya kepada investor, Buffett mengatakan dia membeli "perusahaan yang bagus dan yang terbaik dalam bisnisnya,". Berkshire juga merasa "beruntung" memiliki Kepala Eksekutif Precision Castparts Mark Donegan yang memegang kendali.

Tetapi Buffett mengatakan dia terlalu optimis tentang potensi keuntungan Precision Castparts.

Baca Juga: Dimotori cucu Warren Buffett, anak-anak muda kaya Asia pilih investasi di sektor ini

Precision Castparts melepaskan lebih dari 13.400 pekerjaan, atau 40% dari tenaga kerjanya, pada tahun 2020, dan baru-baru ini mulai meningkatkan margin, kata Berkshire.

"Saya salah ... dalam menilai jumlah rata-rata pendapatan di masa depan dan, akibatnya, salah dalam perhitungan saya tentang harga yang tepat untuk membayar bisnis," tulis Buffett.

“Precision Castparts jauh dari kesalahan pertama saya semacam itu. Tapi itu hal yang besar. "

Dua tahun lalu, Buffett mengakui bahwa dia “membayar lebih” untuk Kraft Foods ketika Berkshire dan firma ekuitas swasta 3G Capital menggabungkannya pada tahun 2015 dengan H.J. Heinz Co untuk membentuk Kraft Heinz Co.

Dan dalam surat tahunan 2008, Buffett juga menyebut pembelian Dexter Shoe tahun 1993 sebagai "kesepakatan terburuk". Buffet kala itu mengatakan dia telah membeli "bisnis yang tidak berharga" dan memperparah kesalahannya dengan menggunakan saham Berkshire daripada uang tunai untuk mendanai akuisisi.

"Saya akan membuat lebih banyak kesalahan di masa depan - Anda bisa bertaruh," tulisnya.

Tom Russo, investor lama Berkshire, menyambut keterusterangan Buffett.

“Saya mengagumi Warren karena mengambil tanggung jawab pribadi untuk Precision Castparts,” katanya. "Beberapa manajer bersedia mengakui tanggung jawab mereka daripada menyalahkan."

Selanjutnya: Sukses di banyak hal, ini resep rahasia yang dipakai Warren Buffett




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×