kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warren Buffett baru saja 89 tahun. Inilah 6 untai kebijakan dari sang legenda


Senin, 02 September 2019 / 08:00 WIB
Warren Buffett baru saja 89 tahun. Inilah 6 untai kebijakan dari sang legenda
ILUSTRASI.


Reporter: Tri Adi | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Chairman dan CEO Berkshire Hathaway,  miliarder Warren Buffett, berusia 89 tahun pada hari Jumat, 30 Agustus. Dia juga merayakan ulang tahun pernikahannya yang ke-13 dengan istrinya, Astrid Menk.

Untuk menghormati hari besar Oracle of Omaha, ada enam nasihat hidup terbaik dari sang legenda yang dipetikkan CNBC.

1. Menikah dengan orang yang tepat
Buffett membuat kekayaannya melalui investasi cerdas. Tetapi jika bertanya kepadanya tentang keputusan paling penting yang pernah dibuatnya, itu tidak ada hubungannya dengan uang. Keputusan terbesar dalam hidup Anda, kata Buffett, adalah siapa yang Anda pilih untuk menikah.

“Anda ingin bergaul dengan orang-orang yang Anda inginkan. Anda akan bergerak ke arah itu, " katanya selama percakapan 2017 dengan Bill Gates. “Dan orang yang paling penting dalam hal itu adalah pasanganmu. Saya tidak bisa terlalu menekankan betapa pentingnya itu. "

Itu saran yang dia berikan selama bertahun-tahun. Seperti yang dia katakan pada pertemuan tahunan Berkshire Hathaway 2009: “Menikah dengan orang yang tepat. Saya serius. Itu akan membuat lebih banyak perbedaan dalam hidup Anda. Itu akan mengubah aspirasi Anda, semua hal.”

Baca Juga: Happy birthday Warren Buffett! Inilah faktor yang membuatnya sukses seumur hidup

2. Investasikan diri Anda
"Sejauh ini investasi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah pada diri Anda sendiri," kata Buffett kepada pemimpin redaksi Yahoo Finance Andy Serwer awal tahun ini.

Pertama, belajar berkomunikasi baik tertulis maupun langsung. ”Dengan mengasah keterampilan itu dapat meningkatkan nilai Anda setidaknya 50%, katanya dalam video Facebook yang di-posting pada 2018.

Selanjutnya, jaga tubuh dan pikiran Anda,  terutama ketika Anda masih muda. "Jika saya memberi Anda mobil, dan itu akan menjadi satu-satunya mobil yang Anda dapatkan seumur hidup Anda, Anda akan menjaganya. Setiap goresan, Anda akan memperbaiki, Anda akan membaca manual pemilik, Anda akan memiliki garasi dan melakukan semua hal ini," katanya.  "Anda mendapatkan satu pikiran dan satu tubuh di dunia ini, dan Anda tidak dapat mulai merawatnya ketika berusia 50 tahun. Pada saat itu, Anda akan mengabaikannya jika belum melakukan apa-apa."

3. Kaitkan diri Anda dengan 'orang-orang kelas atas'
"Siapa yang Anda asosiasikan dengan hal-hal baik, Buffett mengatakan kepada penulis Gillian Zoe Segal dalam sebuah wawancara untuk bukunya tahun 2015, Getting There: A Book of Mentor, selain kamu,” katanya.

Jika Anda mengetahui apa yang disebutnya "orang-orang kelas tinggi," Anda akan mulai bertindak lebih seperti mereka. Sebaliknya, "Jika Anda bergaul dengan orang-orang yang berperilaku lebih buruk daripada Anda, Anda akan mulai terseret ke arah itu."

                                                    4. Bekerja untuk orang yang Anda hormati...................
 




TERBARU

[X]
×