kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warren Buffett: Bekerjalah dengan orang yang Anda kagumi


Minggu, 08 September 2019 / 07:57 WIB
Warren Buffett: Bekerjalah dengan orang yang Anda kagumi
ILUSTRASI. Warren Buffett


Reporter: Tri Adi | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Chairman dan CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett tanpa pamrih ketika  bekerja dengan orang yang dia hormati. Buffett mengatakan:

"Berusahalah bekerja untuk siapa pun yang paling Anda kagumi," kata legenda investasi itu kepada penulis Gillian Zoe Segal dalam sebuah wawancara untuk bukunya tahun 2015, Getting There: A Book of Mentors. Bisa jadi 10 tahun kemudian Anda tidak memiliki pekerjaan seperti itu, tetapi di sini Anda memiliki peluang untuk mengambil (ilmu) sebanyak yang kamu bisa.”

Ya, nasihat Buffett ini memang dialaminya sendiri. Ketika memulai kariernya, jauh sebelum menjadi miliarder, Buffett bekerja dengan mentor dan idolannya, Benjamin Graham, dia tidak pernah sekalipun berpikir tentang gaji. Namun, pada akhirnya Buffet mengetahui bahwa dia digaji.  "Saya mengetahui hal itu pada akhir bulan ketika saya mendapat gaji," katanya kepada Segal.

Memang, menurut Businessinsider, Buffett merasa mendapat banyak ilmu dari Graham dalam menjalani kariernya. Buffett, yang merupakan salah satu mahasiswa Graham di Columbia Business School, mengatakan bahwa mantan profesornya telah membentuk karier dan  filosofi investasinya.

Gaji memang faktor penting dalam berkarier. Namun. "Anda jangan mengambil pekerjaan hanya untuk mencari uang," kata Buffett, "Anda seharusnya jangan pernah bekerja untuk orang yang membuat perut Anda sakit atau yang membuat Anda terjaga di malam hari."

Mitra bisnis lama Buffett, Charlie Munger, juga telah menjadikan sang legenda sebagai salah satu investor paling sukses saat ini, menawarkan nasihat karier yang serupa. "Jangan bekerja untuk siapa pun yang tidak Anda hormati dan kagumi," katanya. "Bekerjalah hanya  dengan orang yang Anda sukai."

Kedua miliarder setuju bahwa nasihat ini paling efektif jika Anda memilih jalur karier yang memang Anda minati. "Saya tidak pernah berhasil ketika saya tidak terlalu tertarik," kata Munger.♦  




TERBARU

[X]
×