Tokoh

Warren Buffett Kembali Bagi-bagi Saham ke 4 Badan Amal, Nilainya Rp 11,8 Triliun

Kamis, 24 November 2022 | 08:16 WIB Sumber: Reuters
Warren Buffett Kembali Bagi-bagi Saham ke 4 Badan Amal, Nilainya Rp 11,8 Triliun

ILUSTRASI. Berkshire Hathaway Inc mengatakan Warren Buffett telah menyumbangkan lebih banyak kekayaannya untuk empat badan amal keluarga. REUTERS/Scott Morgan

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Warren Buffett merupakan salah seorang miliarder dunia yang terkenal murah hati. Warren Buffett kerap menyumbangkan kekayaannya ke sejumlah yayasan atau badan amal. 

Melansir Reuters, informasi terkini, Berkshire Hathaway Inc mengatakan Warren Buffett telah menyumbangkan lebih banyak kekayaannya untuk empat badan amal keluarga. Namun tidak diungkapkan apakah sang miliarder memberikan sumbangan baru ke Yayasan Bill & Melinda Gates.

Menurut pengajuan peraturan yang berhasil didapat Reuters, Warren Buffett pada hari Rabu (23/11/2022) menyumbangkan 2,4 juta lagi saham Kelas B senilai US$ 759 juta berdasarkan harga penutupan mereka.

Warren Buffett menyumbangkan 1,5 juta saham ke Susan Thompson Buffett Foundation. Dinamai mendiang istri pertamanya, menurut situs webnya, yayasan ini mendanai beasiswa perguruan tinggi untuk siswa dari Nebraska.

Sementara, 900.000 saham lainnya dibagi rata di antara badan amal yang dijalankan oleh anak-anaknya Howard, Susan dan Peter: Yayasan Howard G. Buffett, Yayasan Sherwood dan Yayasan Novo.

Baca Juga: Tahun Depan Diramal Resesi, Ini 4 Taktik Investasi Warren Buffett di Masa Sulit

Buffett sejak 2006 telah menyumbangkan lebih dari setengah sahamnya di Berkshire, bernilai lebih dari US$ 46 miliar untuk donasi.

Lebih dari tiga perempatnya telah disalurkan ke Gates Foundation, yang masih menjadi salah satu yayasan amal swasta terbesar di dunia meskipun para pendirinya telah bercerai tahun lalu.

Berkshire dan Gates Foundation tidak segera menanggapi permintaan pernyataan dari Reuters.

Menyusul donasi terbaru, Warren Buffett masih memiliki 15,5% saham Berkshire dan mengendalikan 31,4% hak suaranya.

Kedua persentase tersebut naik karena perusahaan yang berbasis di Omaha, Nebraska itu membeli kembali sahamnya sendiri dari investor lain.

Berdasarkan data majalah Forbes, nilai kekayaan Warren Buffett masih mencapai US$ 110,2 miliar, sehingga menduduki peringkat kelima orang terkaya di seluruh dunia.

Baca Juga: Warren Buffett Merupakan Penggemar Berat Sosok Ini, Penasaran?

Berkshire memiliki lusinan bisnis seperti kereta api BNSF dan asuransi mobil Geico, dan saham seperti Apple Inc, Bank of America Corp, dan Occidental Petroleum Corp. Buffett telah menjalankan perusahaan tersebut sejak 1965.

Menurut situs web yayasan keluarga Buffett, Yayasan Howard G. Buffett bekerja untuk mengurangi kelaparan, meredakan konflik, dan meningkatkan keamanan publik di seluruh dunia. 

The Sherwood Foundation mendukung organisasi nirlaba di Nebraska. Sedangkan Yayasan Novo bertujuan untuk mendukung masyarakat.

 

 

Selanjutnya: South Korean Central Bank Hikes Rates by 25 Bps, Slows Tightening Pace

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru