kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warren Buffett: Kesuksesan sejati tidak ada hubungannya dengan uang


Rabu, 28 Agustus 2019 / 08:00 WIB
Warren Buffett: Kesuksesan sejati tidak ada hubungannya dengan uang


Reporter: Tri Adi | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada usia 88, guru investasi miliarder Warren Buffett sering dianggap sebagai Yoda, tokoh dalam film Star Wars,  dari dunia investasi. Dia adalah ketua Berkshire Hathaway  yang saat ini bernilai US$ 86 miliar, menurut Forbes.

Tetapi kebijaksanaan terbaiknya tentang bagaimana mencapai sukses dalam bisnis tidak ada hubungannya dengan laporan laba-rugi atau portofolio saham. "Sejauh ini investasi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah pada diri Anda sendiri," kata Buffett baru-baru ini kepada pemimpin redaksi Yahoo Finance Andy Serwer.

Pertama, “Belajar berkomunikasi, baik secara tertulis maupun verbal, itu akan meningkatkan nilai setidaknya 50 persen. Jika Anda tidak dapat berkomunikasi dengan seseorang, itu seperti mengedipkan mata pada seorang gadis dalam kegelapan. Tidak ada yang terjadi,” kata Buffett kepada Serwer.  

Kedua, “Mulailah merawat tubuh dan pikiran Anda ketika Anda masih muda,” kata Buffett.

"Jika saya memberi  mobil, dan itu akan menjadi satu-satunya mobil yang Anda dapatkan seumur hidup, Anda akan menjaganya. Setiap goresan, akan Anda perbaiki, Anda akan membaca manual pemilik, Anda akan memiliki garasi dan melakukan semua hal ini," katanya.

“Anda mendapatkan satu pikiran dan satu tubuh di dunia ini, dan Anda tidak dapat mulai merawatnya ketika berusia 50 tahun.  Jadi ini sangat penting. Dan jika Anda berinvestasi pada diri sendiri, tidak ada yang bisa mengambilnya dari Anda. "
 
Akhirnya, definisi Buffett tentang "kesuksesan sejati" tidak ada hubungannya dengan uang.

"Ya, saya sudah berkali-kali mengatakan bahwa Jika Anda mencapai usia 65 atau 70 dan seterusnya,  orang-orang yang Anda cintai benar-benar mencintai Anda.  Itu berarti Anda sukses," kata Buffett kepada Serwer. ♦




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×