kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.383.000 0,36%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Warren Buffett Tahu Investasi Itu Layak atau Tidak dalam 5 Menit, Ini Strateginya


Sabtu, 01 Juni 2024 / 04:00 WIB
Warren Buffett Tahu Investasi Itu Layak atau Tidak dalam 5 Menit, Ini Strateginya
ILUSTRASI. Warren Buffett pernah menyatakan bahwa dia bisa tahu sebuah investasi potensial atau tidak hanya dalam waktu 5 menit. REUTERS/Rick Wilking


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Warren Buffett, CEO Berkshire Hathaway, terkenal memiliki pendekatan lugas terhadap keputusan investasi yang menarik minat banyak orang.

Melansir Yahoo Finance yang mengutip Benzinga, Buffett pernah menyatakan bahwa dia dapat memutuskan apakah sebuah investasi potensial atau tidak hanya dalam waktu 5 menit. 

Kemampuan mengambil keputusan yang cepat ini berasal dari filosofinya, seperti yang ia sampaikan pada pertemuan tahunan Berkshire Hathaway tahun 2008: 

"Jika kita tidak dapat mengambil keputusan dalam lima menit, kita tidak dapat mengambil keputusan dalam lima bulan. Anda tahu, kami tidak akan belajar cukup banyak dalam lima bulan ke depan untuk menutupi fakta bahwa kami mengalami kekurangan."

Bagi Buffett, kejelasan dan kesederhanaan adalah hal yang penting. Jika suatu investasi tidak segera dipahami, analisis lebih lanjut tidak akan membantu. 

Bersama mendiang mitra bisnisnya, Charlie Munger, Buffett mempertahankan proses pengambilan keputusan yang lugas: "masuk/keluar/terlalu sulit". 

Pemikiran ini berarti mengabaikan setiap peluang yang terlalu rumit untuk ditangkap dengan cepat.

Baca Juga: 7 Resep Rahasia Warren Buffett dalam Mempertahankan Status Miliardernya

Dia dan Munger menekankan pemahaman nilai intrinsik suatu bisnis sebelum mempertimbangkan harganya. 

Mereka fokus pada memperkirakan nilai intrinsik bisnis yang mereka pahami, menghindari industri kompleks yang tidak mudah mereka pahami. 

Pendekatan disiplin ini memastikan bahwa investasi mereka didasarkan pada pengetahuan dan pemahaman yang kuat.

“Jangan pernah berinvestasi dalam bisnis yang Anda tidak dapat memahaminya,” kata Buffett menurut CNBC. 

Prinsip ini memandu strategi investasinya, membuatnya menghindari industri yang belum sepenuhnya ia pahami, seperti teknologi.

Strategi Buffett dalam pengambilan keputusan yang cepat dan terinformasi, berdasarkan pada peluang investasi yang sederhana dan jelas sesuai keahliannya, telah berperan penting dalam kesuksesannya. 

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Saham yang Jadi Incaran Warren Buffett

Kemampuannya untuk membuat pilihan investasi yang tepat dengan cepat tanpa melakukan analisis berlebihan atau keluar dari lingkaran kompetensinya menunjukkan pengalaman mendalam dan komitmennya terhadap prinsip-prinsip investasi fundamental.




TERBARU

[X]
×