WhatsApp Perpanjang Waktu Pengguna Hapus Pesan hingga 2 Hari, Bagaimana Caranya?

Kamis, 11 Agustus 2022 | 05:28 WIB Sumber: Kompas.com
WhatsApp Perpanjang Waktu Pengguna Hapus Pesan hingga 2 Hari, Bagaimana Caranya?

ILUSTRASI. Pengguna WhatsApp kini diberikan waktu hingga dua hari untuk menghapus pesan setelah pesan terkirim. REUTERS/Dado Ruvic


KONTAN.CO.ID - Ada fitur baru yang dirilis WhatsApp. Yakni, WhatsApp memperpanjang waktu pengguna untuk menghapus pesannya. 

Dikutip dari The Verge, pengguna WhatsApp kini diberikan waktu hingga dua hari untuk menghapus pesan setelah pesan terkirim. 

Sebelumnya pesan WhatsApp hanya bisa dihapus jika belum mencapai waktu satu jam. Pengumuman penambahan waktu hapus pesan tersebut disampaikan oleh WhatsApp melalui akun resmi Twitternya. 

“Memikirkan kembali pesan Anda? Sekarang Anda akan memiliki sedikit lebih dari 2 hari untuk menghapus pesan Anda dari obrolan Anda setelah Anda menekan kirim,” ujar WhatsApp dalam pengumuman Twitternya. 

Tentunya, fitur ini berguna bagi Anda yang mungkin merasa ragu dengan pesan yang telah terkirim. 

Baca Juga: Kini Pengguna WhatsApp Bisa Keluar Grup Secara Diam-diam, Tak Perlu Canggung Lagi

Cara hapus pesan WhatsApp 

Bagi Anda yang ingin menghapus pesan WhatsApp, begini caranya:

  • Buka obrolan pesan.
  • Selanjutnya, klik dan tahan lama pesan yang akan dihapus. 
  • Kemudian, pilih “Hapus”. 
  • Pilih apakah “Hapus untuk semua orang” atau “Hapus untuk saya”. 

Perlu diingat, agar bisa menghapus pesan yang sudah dikirim sejak dua hari lalu Anda mungkin perlu memperbarui versi WhatsApp. 

Hapus pesan WhatsApp di grup 

Sebagaimana melansir 9to5mac, WhatsApp juga tengah mengerjakan fitur yang memungkinkan admin grup untuk menghapus pesan dari pengguna mana pun. 

Meski demikian, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna versi beta. Menariknya, hal berbeda justru dilakukan oleh iMessage. 
Lain dari WhatsApp yang memperpanjang waktu pengguna menghapus pesan, Apple dalam versi terbarunya justru hanya memberi waktu 2 menit. 

Baca Juga: Ini Link Download WhatsApp Terbaru Lengkap Semua Versi (Android, iOS, Desktop)

Hal ini berbeda dengan sebelumnya yang diberi waktu 15 menit. Fitur hapus pesan memang cukup kontroversial. Hal ini karena beberapa pengguna meyakini pilihan untuk membatalkan pengiriman pesan maupun mengedit suatu pesan berisiko dipakai untuk melakukan tujuan jahat. 

Karena itu, Apple menambahkan riwayat perubahan pada pesan yang diedit. Sementara itu, Telegram memungkinkan penggunanya untuk mengedit dan menghapus pesan kapan saja dan tanpa batas waktu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pesan WhatsApp Kini Bisa Dihapus hingga 2 Hari, Begini Caranya"
Penulis : Nur Rohmi Aida
Editor : Rendika Ferri Kurniawan

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru