kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,55   3,92   0.42%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Xi Jinping dan Putin akan Hadiri KTT G20 di Bali Pada November 2022


Jumat, 19 Agustus 2022 / 22:11 WIB
Xi Jinping dan Putin akan Hadiri KTT G20 di Bali Pada November 2022
ILUSTRASI. Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan akan menghadiri KTT G20 pada November 2022 di Bali.


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan akan menghadiri KTT G20 pada November 2022 di Bali.

Mengutip Reuters, Jumat (19/8), Andi Widjajanto, mantan Sekretaris Kabinet dan penasihat tidak resmi Presiden Jokowi mengatakan kepada Reuters bahwa kedua pemimpin akan hadir dalam KTT tersebut.

“Jokowi mengatakan kepada saya bahwa Xi dan Putin sama-sama berencana untuk hadir di Bali,” kata Widjajanto, yang mengepalai Lembaga Ketahanan Nasional, kepada Reuters.

Pada hari Kamis, Jokowi mengatakan kepada Bloomberg News bahwa kedua pemimpin telah memberinya jaminan. Pejabat kepresidenan Indonesia tidak menanggapi permintaan konfirmasi laporan tersebut.

Baca Juga: Kolaborasi Jadi Kunci BNI Terapkan Green Banking

Kementerian luar negeri China tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters. 

Seorang juru bicara Kremlin menolak berkomentar kepada Bloomberg, tetapi pejabat lain yang mengetahui situasi tersebut mengatakan kepada kantor berita bahwa Putin berencana untuk hadir.

Perjalanan itu akan menjadi pertama kalinya Xi berada di luar China sejak Januari 2020, ketika ia mengunjungi Myanmar.

Presiden AS Joe Biden diperkirakan akan menghadiri KTT G20 tetapi Gedung Putih belum mengatakan apakah dia akan bertemu dengan Xi.

Pejabat China dilaporkan membuat rencana untuk pertemuan November di Asia Tenggara antara Xi dan Biden, menurut sebuah laporan di Wall Street Journal.

Seorang juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih menegaskan bahwa Biden tidak berpikir Putin harus hadir "saat dia mengobarkan perangnya melawan Ukraina". 

Tetapi jika Putin melakukannya, Presiden Ukraina Volodomyr Zelenskiy - yang telah diundang oleh Indonesia - harus melakukan hal yang sama, kata juru bicara itu.

Tuan rumah Indonesia telah mengundang Zelenskiy dari Ukraina untuk menghadiri KTT Bali.

China mempertahankan kebijakan nol-COVID yang menutup semua perbatasannya untuk perjalanan internasional.

Selama pandemi, Xi melakukan perjalanan satu-satunya di luar daratan China pada 30 Juni, mengunjungi Hong Kong untuk menandai peringatan 25 tahun penyerahannya dari kendali Inggris.

Xi secara luas diperkirakan akan mengamankan masa kepemimpinan ketiga yang memecahkan preseden selama kongres sekali dalam lima tahun dari Partai Komunis yang berkuasa yang dijadwalkan untuk musim gugur ini, kemungkinan besar sebelum ia akan menuju ke Bali untuk pertemuan G20 pertengahan November.

Baca Juga: G20 Jadi Ajang Mengenalkan Wisata Kesehatan

Tidak ada tanggal yang diumumkan untuk kongres partai, tetapi dua kongres terakhir berlangsung pada akhir Oktober dan awal November.

Sebagai ketua G20 tahun ini, Indonesia menghadapi tekanan dari negara-negara Barat untuk menarik undangannya kepada Putin atas invasi negaranya ke Ukraina, yang oleh pemerintahnya disebut sebagai "operasi militer khusus".

Jokowi telah berusaha memposisikan dirinya sebagai mediator antara negara-negara yang bertikai, dan dalam beberapa bulan terakhir telah melakukan perjalanan untuk bertemu dengan presiden Ukraina dan Rusia untuk menyerukan diakhirinya perang, dan mencari cara untuk meredakan krisis pangan global.

Pekan ini, Jokowi mengatakan kedua negara telah menerima Indonesia sebagai "jembatan perdamaian".




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×