kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Xi Jinping-Jokowi saling beri selamat 70 tahun hubungan diplomatik China-Indonesia


Selasa, 14 April 2020 / 11:05 WIB
Xi Jinping-Jokowi saling beri selamat 70 tahun hubungan diplomatik China-Indonesia
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (kiri) besama Presiden China Xi Jinping (kanan)


Sumber: Xinhua | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Hubungan diplomatik Indonesia-China sudah menginjak 70 tahun. Senin (13/4), Presiden China Xi Jinping pun saling bertukar pesan selamat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada peringatan 70 tahun pembentukan hubungan diplomatik China-Indonesia.

Xi mengatakan, hubungan bilateral dan persahabatan China-Indonesia telah membuat kemajuan besar sejak terjalinnya hubungan diplomatik.

Baca Juga: Peringati 70 tahun hubungan diplomatik China-Indonesia dengan Panda dan Garuda Emas

Dalam beberapa tahun terakhir, kata Xi, kedua negara terus-menerus mengangkat hubungan mereka, memperluas bidang kerja sama, mencapai hasil yang bermanfaat dari kerja sama Belt and Road.

"Selain itu China-Indonesia bekerja secara erat dalam urusan internasional dan regional, membawa manfaat bagi kedua bangsa dan berkontribusi terhadap kemakmuran dan stabilitas regional dan global," ujar Xi seperti dilaporkan Xinhua.

Cina dan Indonesia memiliki kepentingan bersama yang luas di tingkat bilateral, regional dan multilateral dan menikmati potensi luar biasa untuk kerja sama.

Xi menambahkan bahwa China akan terus bekerja dengan Indonesia untuk mengatasi epidemi virus corona (Covid-19).

Xi mengatakan bahwa ia sangat mementingkan pengembangan hubungan China-Indonesia dan siap bekerja dengan Widodo untuk memperkaya kemitraan strategis komprehensif China-Indonesia dan menambah dorongan baru untuk pembangunan regional.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan Indonesia dan Cina memiliki ikatan sejarah dan budaya yang lama, sementara kontak dekat antara para pemimpin kedua negara dan antara orang-orang dari berbagai sektor telah menjalin persahabatan yang solid.

Selama 70 tahun terakhir, hubungan bilateral telah matang dari hari ke hari, yang merupakan pencapaian strategis yang luar biasa dari kedua belah pihak.

Jokowi menambahkan, kedua negara terus menciptakan peluang kerja sama di berbagai bidang, memberi manfaat bagi kedua bangsa.

Baca Juga: Jokowi putar otak selamatkan nasib karyawan selama wabah corona, ini 5 upayanya




TERBARU

[X]
×