kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Xi Jinping: Tegas menolak campur tangan kekuatan eksternal dengan dalih apa pun


Selasa, 10 November 2020 / 23:50 WIB
Xi Jinping: Tegas menolak campur tangan kekuatan eksternal dengan dalih apa pun
ILUSTRASI.


Sumber: Xinhua | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Presiden China Xi Jinping menyuarakan penolakan tegas terhadap campur tangan kekuatan eksternal dalam urusan domestik negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) dengan dalih apa pun.

"Dengan tegas menentang campur tangan kekuatan eksternal dalam urusan domestik anggota SCO dengan dalih apapun," kata Xi saat berpidato di pertemuan ke-20 Dewan Kepala Negara SCO melalui tautan video, Selasa (10/11) seperti dikutip Xinhua.

"Kita perlu memperdalam solidaritas dan rasa saling percaya, dan menyelesaikan perselisihan dan perbedaan melalui dialog dan konsultasi, untuk memperkuat fondasi politik untuk pengembangan SCO," ujarnya.

Ada delapan negara yang bergabung di SCO: China, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Rusia, Tajikistan, Uzbekistan, India, dan Pakistan. 

Baca Juga: Xi Jinping: Proyek keretaapi Sichuan-Tibet langkah besar jaga persatuan China

Keamanan dan stabilitas adalah prasyarat nomor satu

Xi mengatakan, SCO perlu menjaga keamanan dan stabilitas serta membangun komunitas yang aman bagi seluruh negara anggota. 

"Keamanan dan stabilitas adalah prasyarat nomor satu bagi pembangunan suatu negara, dan dengan demikian menjadi perhatian utama kepentingan semua negara," sebut dia. 

Menurut Xi, semua anggota SCO perlu bertindak berdasarkan visi keamanan bersama, komprehensif, kooperatif, dan berkelanjutan, menangani semua bentuk ancaman dan tantangan secara efektif, juga mendorong lingkungan keamanan yang baik di wilayah masing-masing.

"Kita perlu dengan tegas mendukung negara-negara terkait dalam upaya berbasis hukum mereka untuk terus memajukan agenda politik domestik utama," katanya.

Baca Juga: Redakan kecemasan, Xi Jinping: China menganut kepercayaan untuk membuka diri




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×