kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Yunani mendapatkan kesepakatan perpanjangan dan penangguhan utang


Jumat, 22 Juni 2018 / 19:31 WIB

Yunani mendapatkan kesepakatan perpanjangan dan penangguhan utang
ILUSTRASI. Perekonomian Yunani

KONTAN.CO.ID - LUKSEMBURG. Menteri Keuangan Yunani, Euclid Tsakalotos mengatakan, Yunani telah mendapatkan kesepakatan untuk memperpanjang dan mendapatkan penangguhan pembayaran sebagian dari tumpukan utang. Hal ini ia katakan menjadi sinyal bahwa Yunani telah berubah dari krisis yang mengguncangnya.

Mengutip Reuters, Jumat (22/6), Menteri Keuangan Zona Euro pada hari Jumat menawarkan Yunani perpanjangan 10 tahun, penundaan dan perpanjangan pada sebagian besar pinjaman masa lalu serta € 15 miliar dalam kredit baru untuk memastikan Athena dapat berdiri sendiri setelah keluar dari bailout pada bulan Agustus mendatang.


“Saya harus mengatakan bahwa pemerintah Yunani senang dengan kesepakatan ini. Kami menganggap bahwa utang sekarang layak, kita sekarang dapat memiliki akses ke pasar. Tetapi pada saat yang sama pemerintah ini tidak akan melupakan apa yang orang-orang Yunani alami dalam delapan tahun terakhir,” kata Tsakalotos kepada wartawan, dilansir dari Reuters, Jumat (22/6).

Tsakalotos menambahkan bahwa diajukannya kesepakatan ini merupakan akhir dari krisis Yunani, karena zona euro telah mempercayai Yunani untuk meninggalkan program bailout dan memiliki keyakinan bahwa Yunani dapat mengakses pasar serta menerapkan strategi pertumbuhan sendiri.

 


Reporter: Agung Jatmiko
Editor: Sanny Cicilia
Video Pilihan


Close [X]
×