kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Zebra Nusantara akan datangkan mitra strategis pada akhir tahun


Minggu, 16 September 2018 / 17:25 WIB
Zebra Nusantara akan datangkan mitra strategis pada akhir tahun
ILUSTRASI. Zebra Nusantara Tbk


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Zebra Nusantara Tbk (ZBRA) tengah mencari mitra strategis untuk mengembangkan bisnisnya. Saat ini, bisnis ZBRA terdiri dari dua lini yakni bisnis energi dan taksi. Kedua lini bisnis tersebut bakal dikembangkan dengan menggandeng pihak lain.

Mulyadi, Presiden Direktur ZBRA menyampaikan bahwa saat ini perusahaan tengah melakukan penjajakan. Saat ini, partner strategis sudah mengerucut ke perusahaan lokal setelah sebelumnya ada perusahaan luar yang juga tertarik. "Masih mencari strategic partner untuk dua lini bisnis, taksi maupun energi," ujarnya kepada KONTAN, Minggu (16/9).

Nantinya dengan adanya investor strategis, ZBRA berencana melakukan ekspansi untuk bisnis stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) dan taksi. Saat ini, porsi bisnis energi menjadi kontributor utama pendapatan perusahaan.

Sepanjang semester I 2018, pendapatan perusahaan meningkat dari Rp 5,85 miliar menjadi Rp 8,12 miliar. Seluruh pendapatan perusahaan di semester I disumbang oleh penjualan gas sedangkan segmen taksi tak memberikan kontribusi.

Bisnis taksi ZBRA memang mulai surut usai semakin banyaknya beroperasi taksi online. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menawarkan kerjasama kepada perusahaan taksi sejenis atau menggandeng taksi online.

Namun Mulyadi tak merinci sudah sejauh mana penjajakan yang sudah dilakukan. Yang jelas, sejauh ini yang tertarik untuk melakukan kerjasama berasal dari perusahaan lokal. Sebab jumlah armada miliknya menyusut hingga tinggal 27 unit. "Yang serius perusahaan lokal," lanjutnya.

Sedangkan untuk bisnis energi, ZBRA masih mengalami pertumbuhan. Selain menyuplai kebutuhan BBG, perusahaan ini juga menjual gas kepada industri. ZBRA  menyalurkan jenis compressed natural gas (CNG) di Jawa Timur.

Dengan adanya investor startegis nantinya, perusahaan akan melakukan ekspansi bisnis. Hanya saja soal rencana ke depan dirinya belum mau membeberkan. Terkait investasi, wilayah ekspansi dan volume masih dijajaki dengan calon investor strategis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×