Zelensky: Garis Depan Ukraina Digempur Tembakan Artileri Rusia

Senin, 21 November 2022 | 14:45 WIB Sumber: Reuters
Zelensky: Garis Depan Ukraina Digempur Tembakan Artileri Rusia

ILUSTRASI. Dinding bangunan yang dipenuhi bekas peluru dan pecahan peluru, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di Kupiansk, Ukraina 16 Oktober 2022.


KONTAN.CO.ID - KIEV. Wilayah garis depan Ukraina menerima gempuran tembakan artileri pasukan Rusia pada hari Minggu (20/11). Presiden Ukraina Vlodomyr Zelensky juga melaporkan bahwa ada hampir 400 serangan terjadi hanya di wilayah timur.

Melalui pesan video, Zelensky serangan terjadi di wilayah Donetsk. Cuaca yang buruk membuat jumlah serangan Rusia lebih sedikit dari hari sebelumnya, tapi tetap tergolong tinggi.

"Di wilayah Luhansk, kami perlahan bergerak maju sambil berperang. Sampai sekarang, ada hampir 400 serangan artileri di timur sejak awal hari," kata Zelensky, seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: PM Inggris Rishi Sunak Janjikan Paket Pertahanan Baru untuk Tangkal Rudal Rusia

Pada hari Sabtu (19/11), Kyiv melaporkan ada sekitar 60 tentara Rusia yang tewas dalam serangan artileri jarak jauh di selatan. Ini merupakan kali kedua bagi Ukraina melaporkan korban besar dari pihak lawan dalam satu insiden.

Analis militer yang berbasis di Kyiv, Oleh Zhdanov, mengatakan bahwa pertempuran ofensif antara lain terjadi di garis depan Bakhmut dan Avdiivka di wilayah Donetsk.

"Kedua pasukan fokus pada pengelompokan kembali. Pasukan Ukraina sedang dipindahkan ke Zaporizhzhia, Dnipropetrovsk dan Kharkiv. Pasukan Rusia berkumpul kembali ke arah Zaporizhzhia dan Donetsk dan Luhansk," kata Zhdanov.

Baca Juga: Pembangkit Nuklir Ukraina Diserang, PBB: Anda Bermain Api!

Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Minggu mengatakan  hingga 50 prajurit Ukraina tewas pada hari sebelumnya di sepanjang garis depan selatan Donetsk dan 50 lainnya tewas di tempat lain.

Kementerian melaporkan ada total 153 area konsentrasi Ukraina yang menampung tenaga kerja dan peralatan militer telah dihancurkan pada hari Sabtu.

Kyrylo Tymoshenko, wakil kepala pemerintahan Zelensky, pada Minggu malam mengatakan pasukan Rusia telah menembaki sebuah bangunan perumahan di wilayah Kherson, di Ukraina selatan.

Tymoshenko kini telah menugaskan tim darurat untuk menyelamatkan warga sipil yang diduga terperangkap di dalam reruntuhan bangunan.

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru