kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Zoom mengakuisisi Five9 Inc senilai US$ 14,7 miliar


Selasa, 20 Juli 2021 / 13:06 WIB
Zoom mengakuisisi Five9 Inc senilai US$ 14,7 miliar
ILUSTRASI. A 3D printed Zoom logo is placed on the keyboard in this illustration taken April 12, 2020. REUTERS/Dado Ruvic


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Zoom Video Communications Inc.mengakuisisi Five9 Inc senilai US$ 14,7 miliar. Hal ini sebagai upaya ekspansi perusahaan untuk meningkatkan pendapatan selama pandemi. 

Dilansir dari Reuters, Selasa (20/7), nilai penawaran semua saham sebesar US$ 200,18 per saham sesuai harga penutupan untuk saham Zoom pada hari Jumat, dibandingkan dengan harga Five9 pada US$ 177,60 pada hari Jumat. 

Zoom terus mencari cara untuk tumbuh ketika para pekerja mulai kembali ke kantor dan siswa kembali ke sekolah, dan kesepakatan untuk Five9 akan membantu memperluas penawaran ke klien bisnis dan perusahaan yang lebih menguntungkan.

Five9, yang berbasis di San Ramon, California, produsen perangkat lunak berbasis cloud yang menggunakan kecerdasan buatan untuk membantu perusahaan menjawab pertanyaan dari pelanggan dan berinteraksi, terlepas dari bahasa, lokasi, atau perangkat.

Melalui layanan tersebut, layanan pelanggan beralih dari telepon ke internet dan sekarang sering didukung atau ditambah dengan bot obrolan. 

Baca Juga: Apa Itu Zoom Fatigue? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pasar untuk pusat panggilan pelanggan berbasis cloud ini diperkirakan mencapai US$24 miliar. Aksi korporasi ini bertujuan untuk lebih bersaing dengan Cisco Systems Inc., RingCentral Inc dan Amazon.com Inc.

Chief Executive Officer Zoom Eric Yuan menyebut Five9 merupakan akuisisi yang pas untuk melengkapi Zoom Phone, bisnis perusahaan yang menggantikan layanan telepon perusahaan tradisional dengan penawaran modern berbasis cloud. 

Tetapi beberapa analis menganggap itu adalah upaya mahal untuk meraih pertumbuhan yang tidak dapat dicapai Zoom sendiri.

"Ini adalah kesepakatan dengan harga tinggi yang tampaknya mencoba untuk membangun penawaran Zoom Phone. Membayar harga yang begitu tinggi untuk penawaran yang tidak dibedakan merupakan upaya untuk pindah ke pasar yang berdekatan saat Zoom mulai lelah," " kata Neil Campling, seorang analis di Mirabaud Securities. 

Pelanggan Five9 termasuk nama-nama besar seperti Under Armour, Citrix, Athena Health dan Lululemon, menurut situs webnya. Rowan Trollope, CEO Five9, akan menjadi presiden di Zoom sambil terus menjalankan Five9 sebagai unit operasi. Goldman Sachs menyarankan Zoom dan Mitra Qatalyst menyarankan Five9.

Zoom menjadi terkenal setelah pandemi melanda pada awal 2020, ketika orang-orang yang dipaksa pulang akibat penguncian wilayah. Hingga akhirnya, mereka menggunakan layanan Zoom untuk terhubung dari jarak jauh ke tempat kerja, sekolah, teman, dan keluarga. 

Tetapi investor telah menyuarakan keprihatinan, apakah pertumbuhan itu akan berlanjut karena vaksinasi meningkat dan penguncian wilayah segera berakhir. Ketika penguncian wilayah berkurang, masa depan pekerjaan jarak jauh telah menjadi pertanyaan mendesak, dan pesaing Zoom telah meluncurkan fitur kerja hibrida.

Selanjutnya: Inovasi Pelayanan Publik di Era New Normal




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×