Sumber: Forbes | Editor: Sanny Cicilia
SAN FRANCISCO. Penurunan popularitas Zynga dan kinerjanya masih terus berlanjut. Kamis pekan lalu (30/1), perusahaan pembuat game yang pernah berjaya lewat Facebook ini mencatat penurunan jumlah pengguna dan berencana memangkas 15% karyawannya yang ada saat ini.
Jumlah pengguna game FarmVille dan CastleVille turun menjadi 1,3 juta orang per di akhir Desember lalu, turun 300.000 dari bulan September, seperti dikutip media lokal SF Gate.
Sepanjang tahun lalu, Zynga membukukan pendapatan US$ 873,3 juta, turun 32% dari setahun sebelumnya. Namun, perusahaan ini berhasil memangkas kerugian menjadi US$ 37 juta, dari akhir 2012 yang sebesar US$ 209,4 juta.
"Lebih dari tujuh bulan tim kami bekerja keras. Kami mengakhiri tahun 2013 dengan posisi yang kuat dan berekspektasi tahun 2014 mendapatkan pertumbuhan," kata Don Mattrick, Chief Executive Zynga, dikutip Forbes.
Mattrick menjanjikan agenda ambisius untuk mendongkrak pertumbuhan bisnisnya lagi. Zynga melaporkan sudah mengakuisisi NaturalMotion, sebuah perusahaan game mobile seperti CSR Racing dan Clumsy Ninja.
Zynga membayar sekitar US$ 527 juta untuk membeli NaturalMotion, dengan US$ 391 juta berupa tunai dan 39,8 juta saham pada 29 Januari lalu.
Untuk mengimbangi pengeluaran ini, Zynga melakukan pengurangan biaya. Salah satu rencana perusahaan adalah memangkas 314 pekerja, atau sekitar 15% tenaga kerjanya. Dengan langkah ini, Zynga berharap bisa menghemat US$ 33 juta- US$ 35 juta.
Zynga menargetkan, pendapatan di kuartal I-2014 mencapai US$ 155 juta - US$ 154 juta, termasuk hasil akuisisi Natural Motion. Perusahaan diharapkan trun lagi ke US$ 56 juta - US$ 49 juta.