kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis kian berkibar pasca-berpisah dengan rekan bisnis (4)


Kamis, 15 Februari 2018 / 11:23 WIB
Bisnis kian berkibar pasca-berpisah dengan rekan bisnis (4)
ILUSTRASI. FENOMENA - Sameer Gehlaut


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - Indiabulls benar-benar menjadi mesin uang bagi Sameer Gehlaut. Pasca-melakukan penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) tahun 2004 silam, ekspansi Indiabulls kian melaju kencang bermodal dana IPO. Setahun pasca-melantai di bursa saham, Gehlaut masuk ke bisnis real estate, yang ternyata kian membawa keuntungan bagi perusahaannya. Hingga akhirnya, Gehlaut memutuskan memisahkan bisnis real estate dari Indiabulls Financial Service.

SAMEER Gehlaut kini mendapatkan status miliarder di usia yang masih tergolong muda. Dengan kapal bisnisnya, Indiabulls Group, ia memiliki kekayaan pribadi yang ditaksir Forbes mencapai US$ 3,2 miliar.

Indiabulls memang terbilang tumbuh cepat. Hal tersebut juga berkat langkah agresif Gehlaut dalam melebarkan bisnis lewat serangkaian aksi ekspansi. Terutama setalah Indiabulls Financial Services menggelar penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) pada 2004 silam. Dari sana, Gehlaut terus mengumpulkan dana secara teratur.

Dengan dana yang diperoleh, Gehlaut pun mendiversifikasi bisnisnya. Di samping itu, perluasan jaringan bisnis juga terus dilakukannya secara masif. Bahkan sejumlah pihak menilai ekspansi yang dilakukan Gehlaut cukup membingungkan.

Tidak jarang, Gehlaut memiliki jaringan di lokasi yang berdekatan. Padahal, pasar yang diincarnya pun sama. Namun, ia berkilah, langkah tersebut untuk menampung potensi bisnis yang besar dari perluasan bisnis yang ia jalankan.

Sebagai bagian dari ekspansi, Gehlaut pun masuk ke bisnis jasa pembiayaan. Mulai dari pembiayaan perumahan, pinjaman usaha, hingga kendaraan. Dengan luasnya jaringan yang sudah dimiliki, ia pun lebih mudah merangsek ke pasar ini.

Di tahun 2005, ia kembali berekspansi. Kali ini, Indiabulls masuk ke bisnis real estate dengan memenagkan proyek pemerintah di Lowe Parel. Melihat potensi yang besar dari bisnis real estate, Gehlaut merombak struktur bisnisnya dengan memisahkan bisnis real estate dari Indiabulls Financial Services.

Sejumlah langkah ekspansi pun kembali dilakukan Gehlaut. Mulai dari mengembangkan berbagai proyek real estate, sampai masuk ke sektor pendukungnya, seperti infrastruktur energi. Dalam waktu cepat, Indiabulls Group masuk ke jajaran dua puluh konglomerasi bisnis terbesar di India.




TERBARU

[X]
×