kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China bersumpah membalas AS jika tarif tambahan US$ 100 miliar diterapkan


Sabtu, 07 April 2018 / 13:00 WIB
China bersumpah membalas AS jika tarif tambahan US$ 100 miliar diterapkan


Reporter: Agung Jatmiko | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. China bersumpah akan membalas keras jika Amerika Serikat (AS) memberlakukan tarif baru untuk barang-barang China dan mengesampingkan negosiasi sementara Washington meningkatkan tekanan terhadap Beijing.

Hukuman tambahan sebesar US$ 100 miliar impor dari Cina akan datang di atas tarif yang diusulkan sebesar US$ 50 miliar impor dari China diumumkan Trump minggu lalu. Administrasi Trump bertujuan untuk menyeimbangkan perdagangan yang tahun lalu menguntungkan China sebesar US$ 375 miliar.

Mengutip Wall Street Journal, Jumat (6/4), Presiden AS Donald Trump pada Kamis malam (5/4) menyatakan ia sedang mempertimbangkan tarif tambahan senilai US$ 100 miliar terhadap barang-barang Cina menimbulkan reaksi keras dari pemerintah China. Pada pertemuan singkat dengan wartawan pada Jumat malam, juru bicara Kementerian Perdagangan China, Gao Feng menggambarkan langkah AS sebagai "sangat salah" dan mengakui kedua pemerintah sekarang dalam pertempuran.

Dia mengatakan bahwa China telah menempatkan tindakan balasan terperinci dan langkah-langkah tersebut tidak mengecualikan opsi apapun. "China sepenuhnya siap untuk menyerang balik dengan paksa dan tanpa ragu-ragu," kata Gao, dilansir dari Wall Street Journal.

Gao menyangkal bahwa Beijing dan Washington terlibat dalam negosiasi dan mengatakan bahwa mereka belum melakukannya untuk jangka waktu tertentu, meskipun ada pernyataan dari beberapa pejabat AS bahwa kedua pihak berusaha menyelesaikan perselisihan. "Dalam keadaan seperti ini, semakin tidak mungkin bagi kedua pihak untuk terlibat dalam negosiasi apa pun," imbuh Gao.

Para ekonom mengatakan tindakan terbaru pemerintah Trump dapat membuat pemerintah China menghadapi pilihan di luar tarif untuk membalas.

Beijing telah menanggapi tindakan AS dengan hukuman dengan nilai serupa. Tetapi jika administrasi Trump mengejar tambahan US$ 100 miliar dalam tarif, total US$ 150 miliar baru akan melebihi kira-kira US$ 130 miliar dalam barang-barang impor China dari AS. Hal tersebut akan memaksa Beijing untuk mencari opsi lain.

Langkah-langkah seperti itu, kata para ekonom, dapat mencakup regulasi yang semakin meningkat yang ditujukan kepada perusahaan-perusahaan AS yang beroperasi di China dan menggunakan ancaman perang dagang untuk mengguncang pasar keuangan AS yang lebih besar dan lebih penting, dibandingkan dengan China yang lebih kecil dan kurang terhubung secara global.

Di luar ancaman hukuman perdagangan, China sebenarnya telah mengenakan tarif atas barang pertanian Amerika senilai US$ 3 miliar dan produk lainnya, menjawab retribusi serupa yang ditempatkan oleh AS pada baja dan aluminium China.




TERBARU

[X]
×