kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inggris batalkan kesepakatan penjualan Northern Aerospace ke Shaanxi Ligeance


Rabu, 11 Juli 2018 / 09:39 WIB
Inggris batalkan kesepakatan penjualan Northern Aerospace ke Shaanxi Ligeance
ILUSTRASI. Ilustrasi Brexit di Inggris


Reporter: Agung Jatmiko | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - LONDON. Perusahaan private equity Inggris, Better Capital PCC Ltd, batal menjual perusahaan pembuat komponen pesawat terbang, Northern Aerospace Ltd kepada pembeli China. Regulator Inggris menolak rencana ini menyusul penyelidikan atas masalah keamanan nasional.

Bulan lalu, otoritas persaingan usaha Inggris atau Competition and Markets Authority (CMA) meluncurkan investigasi atas kesepakatan penjualan senilai £ 44 juta pound atau setara dengan US$ 58 juta Northern Aerospace ke anak usaha Shaanxi Ligeance Mineral Resources Co, yakni Gardner Aerospace Holdings Ltd. Pada saat bersamaan, CMA menerbitkan pemberitahuan untuk penundaan transaksi.

Langkah CMA menyusul intervensi formal oleh Departemen Luar Negeri Inggris Bidang Bisnis, Energi dan Strategi Industri. Lembaga ini boleh merilis intervensi dengan dasar keamanan nasional. 

CMA memiliki tenggat waktu hingga 13 Juli untuk menyerahkan laporan tentang aspek persaingan dan keamanan nasional dari kesepakatan akuisisi ini.

Tapi, Better Capital mengatakan bahwa kesepakatan ini telah berakhir karena ketiadaan persetujuan. Beberapa otoritas pun memblokade penjualan ini. 

Serangkaian akuisisi internasional oleh perusahaan-perusahaan China telah memicu kekhawatiran keamanan di negara-negara termasuk Jerman, Amerika Serikat (AS) dan Kanada. Alhasil, beberapa rencana akuisisi besar akhirnya digagalkan oleh otoritas.

Better Capital mengatakan, tidak ada masalah persaingan dalam kesepakatan akuisisi ini. Better Capital menambahkan bahwa semua masalah yang ditunjukkan oleh Departemen Pertahanan telah ditangani dengan memuaskan.

"Northern Aerospace telah diberitahu bahwa ada masalah keamanan nasional tapi tidak memiliki informasi tepatnya apa masalah keamanan nasional ini," terang Better Capital dalam pernyataan resminya, dilansir dari Reuters, Selasa (10/7).

CMA tengah melakukan penilaian soal persaingan atas kesepakatan ini. CMA menambahkan, bahwa otoritas tidak menerima apapun yang menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan ini telah menghentikan rencana merger. Di sisi lain, juru bicara Better Capital mengatakan, tidak ada pembicaraan untuk menghidupkan kembali kesepakatan yang sudah gagal ini

Tahun lalu, Inggris merilis proposal yang memiliki kewenangan untuk mengintervensi berbagai kesepakatan di sektor militer dan teknologi. Pemerintah mencoba untuk mencegah perusahaan-perusahaan domestik di industri sensitif jatuh ke tangan asing.




TERBARU

[X]
×