kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,27   -8,08   -0.87%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kathrein tetap jadi jawara produsen antena dunia


Kamis, 26 Februari 2015 / 11:48 WIB
Kathrein tetap jadi jawara produsen antena dunia
ILUSTRASI.


Reporter: Adhitya Himawan, Dessy Rosalina | Editor: Yudho Winarto

KETIKA naik tahta pada tahun 2012, Kathrein Jr mengemban misi penting. Yakni, membawa Kathrein Werke AG menjadi perusahaan yang bisa menjawab tantangan masa kini. Maklum, Kathrein Werke sudah berdiri sejak tahun 1919 silam.

Sebagai produsen antena atau pemancar sinyal tertua di dunia, Kathrein Werke terus berinovasi agar bisa meraup berkah melimpah. Sebagai generasi ketiga, Kathrein Jr fokus mengembangkan antena mobile. Sebab, penggunaan ponsel kian populer di seluruh kalangan masyarakat dunia.  

Popularitas perkakas mobile inilah yang merupakan salah satu faktor kunci sukses Kathrein Jr. Hingga akhir tahun lalu, Kathrein-Werke mampu memproduksi lebih dari 100.000 pemancar per bulan atau 1,2 juta per tahun. 

Dari jumlah itu, sebagian besar merupakan antena untuk perkakas mobile. Hingga akhir tahun 2014,  ada sebanyak delapan juta stasiun pemancar gelombang yang dibangun Kathrein Werke khusus untuk pasar ponsel. Proyeksi manajemen, tahun ini angkanya bakal menembus lebih dari 10 juta stasiun pemancar. 

Permintaan tinggi akan stasiun pemancar memaksa Kathrein Werke menggeber ekspansi. Terbaru, mereka membangun pabrik baru yang menyerap lebih dari 400 pekerja di Meksiko. 
Kathrein Jr membenamkan duit € 26 juta di pabrik Meksiko. 

Pabrik baru itu ditargetkan berproduksi mulai Maret 2015. Kathrein Werke juga memperbesar kapasitas pabrik di kawasan Eropa dan Asia. Kathrein Werke tetap bertahan menyandang status sebagai produsen antena terbesar di dunia lantaran masuk sebagai pionir di pasar mobile. 

Kathrein Werke meluncurkan produk pemancar mobile digital di Jerman yang bergerak di gelombang GSM 900 pada tahun 1992. Saat ini, Kathrein Werke merupakan pemasok pemancar sinyal bagi sebagian besar operator telepon di dunia. 

Perkembangan data yang kian cepat juga memicu Kathrein Werke memproduksi pemancar dengan kapasitas tinggi. Pada 2000, Kathrein Werke mengenalkan pemancar Long-Term Evolution (LTE).  Kathrein Werke juga mengembangkan alat pemancar pita besar, mulai dari quad band hingga hexa band. 

Inovasi lain, Kathrein Werke memproduksi alat pemancar untuk menangkap sinyal di dalam ruangan (indoor). Permintaan antena indoor kian tumbuh tinggi karena masyarakat lebih banyak menggunakan alat komunikasi di dalam rumah atau gedung. 

Saat ini, Kathrein Werke memiliki tujuh lini bisnis antena. Yakni, antena otomotif, radio, televisi, satelit, mobile, data, dan antena indoor.

Di bidang otomotif, Kathrein Werke memproduksi antena untuk sejumlah merek tersohor. Sebut saja Chevrolet, Buick, GMC dan Opel. Di bawah kepemimpinan Kathrein Jr, ekspansi menjadi cara yang ditempuh untuk memenuhi permintaan tinggi akan antena. 

Kathrein Werke saat ini memiliki 18 lokasi produksi tersebar di penjuru dunia. Perusahaan yang berkantor pusat di Rosenheim, Jerman tersebut, kini mempekerjakan 6.800 tenaga kerja.

Pada 13 November 2012, Anton Kathrein Sr, ayah kandung Kathrein Jr menghembuskan nafas terakhir pada usia 61 tahun. Kathrein Jr yang pada saat itu baru berusia 28 tahun pun resmi menjadi nakhoda baru Kathrein Werke. 

Setelah dipegang Kathreoin Jr, perusahaan ini pun berkembang. Pada tahun 2013, perusahaan mencetak pendapatan US$ 1,8 miliar. Angka ini tumbuh dari 
US$  1,3 miliar di tahun 2012.

Kathrein Werke juga memiliki lebih dari 1.000 hak paten yang menjamin kelangsungan bisnis di masa depan.       

(Bersambung)




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×