kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kereta Taiwan tergelincir, sedikitnya empat tewas, dan puluhan orang terluka


Jumat, 02 April 2021 / 11:35 WIB
Kereta Taiwan tergelincir, sedikitnya empat tewas, dan puluhan orang terluka
ILUSTRASI. Ilustrasi kecelakaan kereta. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/aww.


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - TAIPEI. Sebuah kereta tergelincir di sebuah terowongan di Taiwan Timur pada Jumat (2/4), setelah menabrak sebuah truk, menurut Departemen Pemadam Kebakaran. Setidaknya empat orang dikhawatirkan tewas dan lebih dari 20 orang terluka dalam insiden ini.

Mengutip Reuters, Jumat (2/4), Departemen Pemadam Kebakaran dalam sebuah pernyataan mengungkapkan kereta yang menuju Taitung itu keluar dari rel di sebuah terowongan di utara Hualien yang menyebabkan beberapa gerbong menabrak dinding terowongan.

Sedikitnya empat orang diyakini tewas, tiga orang dengan luka serius telah dikirim ke rumah sakit dan sekitar 20 orang dengan luka ringan sedang menunggu untuk dibawa ke rumah sakit, menurut Departemen Pemadam Kebakaran.

Kereta itu membawa sekitar 350 orang, dan upaya penyelamatan sedang berlangsung, kata departemen itu.

Antara 80 hingga 100 orang telah dievakuasi dari empat gerbong kereta pertama, sementara gerbong lima hingga delapan telah "berubah bentuk" dan sulit diakses.

Baca Juga: Ancaman invasi Taiwan oleh China semakin nyata, ini buktinya

"Apakah semua orang di gerbong empat?" seorang wanita terdengar berteriak dari dalam terowongan, dalam gambar yang disediakan oleh pemadam kebakaran.

Kantor Berita Pusat resmi mengatakan sebuah truk yang "tidak diparkir dengan benar" diduga meluncur ke jalur kereta. Dinas pemadam kebakaran menunjukkan gambar puing-puing truk yang tergeletak di samping bagian dari kereta yang tergelincir.

"Kereta kami menabrak truk," kata seorang pria dalam sebuah video yang disiarkan di televisi Taiwan, menunjukkan gambar-gambar reruntuhan itu. "Truk itu jatuh."

Bagian depan kereta terletak di luar terowongan, dan mereka yang berada di gerbong yang masih berada di dalam terowongan dibawa ke tempat aman, kata administrasi kereta api Taiwan.

Gambar dari lokasi kecelakaan menunjukkan gerbong-gerbong di dalam terowongan hancur dan robek akibat benturan, penumpang mengumpulkan koper dan tas di gerbong yang miring dan tergelincir, dan lainnya berjalan di sepanjang rel yang dipenuhi puing-puing.

Kecelakaan itu terjadi pada awal akhir pekan yang panjang untuk Hari Pembersihan Makam tradisional.

Pesisir timur pegunungan Taiwan adalah tujuan wisata yang populer.

Pada 2018, 18 orang tewas dan 175 lainnya luka-luka ketika sebuah kereta tergelincir di timur laut Taiwan, dalam bencana rel terparah di pulau itu dalam lebih dari tiga dekade.

Selanjutnya: Perusahaan teknologi global Huawei bukukan kenaikan laba bersih 3,2% pada 2020




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×