: WIB    --   
indikator  I  

Kisah raja media India membesarkan bisnisnya (1)

Kisah raja media India membesarkan bisnisnya (1)

Bisnis hiburan banyak melahirkan miliarder. Salah satunya Kalanithi Murasoli Maran, pendiri konglomerasi media di India yakni Sun Network Group. Grup ini merajai bisnis media di Negeri Taj Mahal. Konglomerasi ini memiliki bisnis media yang lengkap mulai dari radio, televisi, produksi film, hingga olahraga. Pergaulan Kalanithi terbilang luwes termasuk dekat dengan kalangan politisi. Banyak yang menilai, koneksi politiknya ikut andil membesarkan bisnis Kalanithi.

Industri hiburan di India merupakan lahan yang menjanjikan. Masyarakat di sana sangat menyukai tayangan televisi, perfilman, hingga musik. Tak heran, menjadi orang kaya dengan memanfaatkan pasar yang besar tersebut sangat mungkin untuk diwujudkan.

Hal itulah yang dicapai oleh Kalanithi Murasoli Maran. Ia adalah pendiri dari Sun Network Group, sebuah konglomerasi media di India. Dari bisnis yang ia jalankan di grup usaha tersebut, ia berhasil memasuki golongan orang kaya di India dengan kekayaan pribadi yang ditaksir Forbes mencapai US$ 4,4 miliar.

Berbasis di Chennai, India, Kalanithi memiliki rentang bisnis yang luas di dunia media. Ia memiliki 33 saluran televisi yang ditonton 95 juta rumah tangga. Beberapa saluran TV yang ia miliki juga bisa ditonton di beberapa negara lain. Semisal Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Timur Tengah, Singapura, Malaysia, Sri Lanka, Afrika Selatan, Australia dan Selandia Baru.

Banyaknya suku yang tinggal di India juga membuat Sun TV punya rentetan saluran komplet untuk memuaskan penonton. Mulai dari yang berbahasa Tamil, Telugu, hingga pendatang dari berberapa negara Asia lain.

Sun Network juga punya layanan direct to home dengan sejumlah pengembangan teknologi baru. Pasar yang tumbuh cepat didukung oleh solusi akses untuk mengelola konten dalam usaha penyiaran satelit. Sun Direct bekerja sama dengan Oracle untuk mengonsolidasikan operasi penagihan, memungkinkan penawaran layanan baru dan meningkatkan layanan kepada pelanggannya.


Reporter Tendi Mahadi
Editor Tri Adi

KALANITHI MURASOLI MARAN

Feedback   ↑ x
Close [X]