: WIB    —   
indikator  I  

Makin berkembang di tangan generasi ketiga (2)

Makin berkembang di tangan generasi ketiga (2)

Keberadaan Jose Cuervo, perusahaan produsen minuman beralkohol khas Meksiko, tequila, tidak terlepas dari jerih payah nenek moyang Juan Beckmann Vidal. Kakek Vidal, memperoleh tanah dari Raja Ferdinand VI Spanyol, di wilayah Tequila, Meksiko. Dari sini, kakek Vidal menanam agave, tanaman yang menjadi bahan baku sirup, dan juga minuman beralkohol. Bisnis minuman yang kini dikuasai Vidal pun kian berkembang, meski kadang terantuk masalah.

Kisah sukses minuman tequila, sebagai minuman khas dari Meksiko, tidak terlepas dari usaha nenek moyang Juan Beckmann Vidal yang kini mewarisi Jose Cuervo, produsen minuman tequila tersohor di Meksiko. Kisahnya dimulai sejak dua abad silam.

Tepatnya pada tahun 1758, Don Jose de Cuervo yang merupakan kakek moyang Vidal, mendapatkan tanah di kota tequila, Jalisco Meksiko, dari Raja Ferdinand VI Spanyol. Dari sanalah, keluarga de Cuervo menjadi petani untuk menanam agave, sejenis tanaman yang bisa dijadikan sirup. Belakangan, tanaman ini juga yang menjadi bahan dasar pembuatan tequila, minuman keras (beralkohol) khas asal Meksiko.

Awalnya, keluarga ini hanya menyajikan dan membuat minuman keras untuk para bangsawan di Meksiko. Hingga akhirnya, keluarga Cuervo diberi izin oleh Raja Carlos IV Spanyol untuk menjadikan produk dari tanaman produksinya tersebut dijual bebas ke masyarakat. Maka pada tahun 1880, menurut pemberitaan celebritynetworth, kakek Vidal mulai mempersiapkan diri untuk memasarkan produk tersebut.

Kendati sudah dipersiapkan sejak tahun 1880, Jose Cuervo baru berhasil menjual produk minuman tequila ke publik pada tahun 1906. Uniknya, kendati bukan menjadi perusahaan tequila pertama di dunia, Jose Cuervo merupakan merek tequila pertama yang penjualannya menggunakan botol. Sebab pada tahun tersebut, seluruh produk minuman keras pada umumnya dijual menggunakan galon. Selama bertahun-tahun keluarga Cuervo ini memang mewariskan kerajaan bisnis produksi minuman kerasnya kepada anak cucunya secara turun-temurun.


Reporter Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang
Editor Tri Adi

JUAN BECHMANN VIDAL

Feedback   ↑ x
Close [X]