kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Malaysia darurat virus corona (COVID-19), pelaksanaan pemilu ditunda


Selasa, 12 Januari 2021 / 13:52 WIB
Malaysia darurat virus corona (COVID-19), pelaksanaan pemilu ditunda


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Raja Malaysia mengumumkan keadaan darurat nasional pada hari Selasa untuk mengekang penyebaran COVID-19, sebuah langkah yang mendukung Perdana Menteri Muhyiddin Yassin dalam mencegah segala upaya untuk memaksa pemilihan lebih awal.

Dalam pidato yang disiarkan televisi pada hari Selasa, Muhyiddin mengatakan parlemen akan ditangguhkan dan pemilihan tidak akan diadakan di negara Asia Tenggara itu selama keadaan darurat, yang bisa berlangsung hingga 1 Agustus.

“Izinkan saya meyakinkan Anda, pemerintah akan terus berfungsi. Keadaan darurat yang diumumkan oleh raja bukanlah kudeta militer dan jam malam tidak akan diberlakukan,” kata Muhyiddin dalam upaya untuk menghilangkan kekhawatiran atas tindakan tersebut.

Langkah tersebut harus mengurangi, setidaknya untuk saat ini, beberapa ketidakpastian politik yang membayangi Muhyiddin sejak aliansi yang tidak terpilihnya berkuasa dengan mayoritas tipis pada bulan Maret menyusul runtuhnya koalisi sebelumnya yang dipimpin oleh pemimpin veteran Malaysia Mahathir Mohamad.

Baca Juga: Kasus corona kian mengkhawatirkan, Malaysia terapkan Perintah Kontrol Gerakan

Beberapa anggota parlemen dalam koalisi yang berkuasa telah menarik dukungan untuk perdana menteri dan menyerukan pemilihan lebih awal, sementara pemimpin oposisi Anwar Ibrahim mengatakan tahun lalu bahwa dia memiliki mayoritas untuk membentuk pemerintahan baru.

Muhyiddin meyakinkan orang-orang bahwa pemilihan akan berlangsung setelah komite independen menyatakan bahwa pandemi telah berakhir dan aman untuk mengadakan pemungutan suara. Di bawah aturan darurat, pemerintahnya dapat memberlakukan undang-undang tanpa persetujuan parlemen.

Pada hari Senin, Muhyiddin mengumumkan larangan perjalanan nasional dan penguncian 14 hari di ibu kota Kuala Lumpur dan lima negara bagian, mengatakan sistem perawatan kesehatan untuk negara berpenduduk 32 juta orang itu berada pada titik puncaknya.

Jumlah infeksi harian baru mencapai rekor tertinggi minggu lalu, menembus angka 3.000 untuk pertama kalinya. Total kasus virus korona melewati 138.000 pada hari Senin, dengan 555 kematian. Indeks saham acuan Malaysia turun sebanyak 1,6% setelah pengumuman darurat.

Selanjutnya: Infeksi tembus 3.000, Malaysia ukir rekor baru kenaikan harian tertinggi kasus corona




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×