kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,33   7,98   0.86%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menhan Filipina: China ingin menduduki lebih banyak wilayah Laut China Selatan


Senin, 05 April 2021 / 05:43 WIB
Menhan Filipina: China ingin menduduki lebih banyak wilayah Laut China Selatan
ILUSTRASI. Kapal nelayan Filipina berlayar di kawasan?Scarborough Shoal, Laut China Selatan, yang disengketakan dengan China.


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MANILA. Menteri Pertahanan Filipina mengatakan bahwa China ingin menduduki lebih banyak wilayah di Laut China Selatan. Dia mengutip berlanjutnya kehadiran kapal China yang diyakini Manila diawaki oleh milisi di bagian-bagian yang disengketakan di jalur perairan strategis.

"Kehadiran terus menerus milisi maritim China di daerah itu mengungkapkan niat mereka untuk menduduki lebih lanjut (wilayah) di Laut Filipina Barat," kata Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana dalam sebuah pernyataan, Minggu (4/4/2021), menggunakan nama lokal untuk Laut China Selatan.

Melansir Reuters, itu adalah pernyataan bermusuhan kedua oleh Lorenzana dalam dua hari terakhir. Sebelumnya, dia mengulangi seruan Filipina agar kapal-kapal China meninggalkan Whitsun Reef, yang disebut Manila sebagai Julian Felipe Reef, yang terletak di dalam zona ekonomi eksklusif 200 milnya.

Diplomat China mengatakan kapal-kapal yang berlabuh di dekat terumbu karang -berjumlah lebih dari 200 berdasarkan data intelijen awal yang dikumpulkan oleh patroli Filipina- berlindung dari laut yang ganas dan tidak ada milisi di dalamnya.

Baca Juga: Filipina temukan bangunan ilegal di Union Bank Laut China Selatan, milik China?

Pada hari Sabtu, Lorenzana mengatakan masih ada 44 kapal China di Whitsun Reef meskipun kondisi cuaca membaik.

"Saya tidak bodoh. Sejauh ini cuaca bagus, jadi mereka tidak punya alasan untuk tinggal di sana," katanya.

Kedutaan Besar China di Manila menanggapi komentar Lorenzana, dengan mengatakan bahwa "sangat normal" bagi kapal China untuk menangkap ikan di daerah tersebut dan berlindung di dekat terumbu selama kondisi laut yang buruk. "Tidak ada yang berhak membuat pernyataan ceroboh tentang kegiatan seperti itu," kata Kedubes China.

Baca Juga: Kapal China masih di Laut China Selatan, AS dan Filipina pererat koordinasi

Reuters memberitakan, pengadilan internasional membatalkan klaim China atas 90% Laut China Selatan pada tahun 2016, tetapi Beijing tidak mengakui keputusan tersebut dan telah membangun pulau-pulau buatan di perairan sengketa yang dilengkapi dengan radar, baterai rudal, dan hanggar untuk jet tempur.

"Mereka telah melakukan ini (menempati wilayah yang disengketakan) sebelumnya di Panatag Shoal atau Bajo de Masinloc dan di Panganiban Reef, dengan berani melanggar kedaulatan dan hak kedaulatan Filipina di bawah hukum internasional," kata Lorenzana dalam pernyataannya hari Minggu.

Selanjutnya: Ancaman invasi Taiwan oleh China semakin nyata, ini buktinya




TERBARU

[X]
×